Ngutang Online

Desember 11, 2018

Heyo wasap gengs. *ala ricky komo*

Geli.
Jadi, akutu mau cerita nih ya. 29 November kemarin, tiba-tiba ada yang sms aku tu. Isinya seperti ini

di klik aja gambarnya kalo ga kebaca ya, and btw, untuk menjaga privasi, namanya kita sensor ya.
Kita anggap namanya Hamzah

Di jaman ini, sapa seh yang masi sms diriku kecuali telkomsel, m-banking dan Mamaku terchynta? Yasudlah, aku pikir kek sms apa sih, spam-spam gajelas, kayak-kayak menang hadiah undian mobil samting gitu, lah.. Ku skip sajalah kan ya kan dong.

Eh gataunya, tgl 1 Desember, muncul lagi dong, isi sms yang sama. Karena dirikuw merasa "Loh, keknya kemaren udah baca deh, sms kek begini." Jadi, ku skrol lagi ke bawah smsnya, untung belum dihapus. Eh ternyata bener, sms yang sama! Cuman nominal duwek nya doang yang berubah, dari 1.064.700 jadi 1.104.700. Egile, nambah 40.000 dong, dalam 2 hari. Hmm, yang bikin aku heran itu, siapospooooss kanua Hamzaaaah?? Aku ngerasa ga pernah kenal dengan yang namanya Hamzah, dan kenapa orang ini, atau yang bisa kita bilang Debt Collector ya, nge-smsin saya? Apa nomer aku dijadiin nomer emergency gitu sama dia? Tapi aku kan ga kenal sama si Hamzah ini?




Terlalu banyak pertanyaan di benaq qu yang sempit ini.

Tapi kemudian, aku dan hati kechyl ku berkata "Ah, baru dua kali ini, biarkan sajalah..."
Yasudah.

EH TAU TAUNYA DI SMS LAGI TGL 3 DESEMBER. Dan sekarang nominalnya sudah jadi 1.144.700. Anjirlah. Ini semakin mengganggu pikiran saya. Sebab duit ini semakin banyak tapi bukan milikku dan bukan pula hutangku. TAPI KENAPA MENGAJAK SAYA UNTUK IKUT BERPIKIR SIH?!

Dan lagipun, saya masih gatau siapa si Hamzah, dan belum ada keinginan untuk mencari tahu siapa sih Hamzah ini.

Karena tingkat annoying nya semakin menjadi-jadi dan menambah beban pikiran di kepalaku yang mungil ini, maka aku coba iseng, nge save nomer nya si Hamzah ini, berdasarkan sms yang dikirim si Debt Collector. Dan ternyata, otomatis nge replace kontak dengan nama Hamzah!! 

Image result for huruf waw
Kaget.

Tenyata dulu, kita sempet ketemu waktu satu event basket. Cuma sekali itu ketemunya. Makanya akutu ga inget. Dan aku juga ga tau nama lengkapnya.. YA MANA INGET SAYA YA KAN YA.


Image result for alhamdulillah meme
Akhirnya terjawab sudah teka-teki ini.

Aku inget, sebelumnya, Hamzah tuh sering kok update stories di whatsapp, tapi ya, uwe kan anaknya bodo amat ya kan, yaudah, sekip aja gitu. Dan sekarang aku baru sadar gitu, ternyata dia ga pernah lagi update wa stories, dan nomernya juga sudah tidak dipakai untuk wa lagi!
Gile. Emang sudah menghilang ternyata.

Terusannya kan, aku coba tanya sama temenku yang lain, yang sama-sama satu event basket waktu itu. Aku tanya masih inget sama Hamzah apa engga, dapet sms kek aku juga apa engga.
Alhamdulillah, dia inget Hamzah, dan dia juga dapet sms yang sama.

Anjir, kenapa kami yang ga kenal-kenal amat ini sama Hamzah tapi di sms in juga dah?
Akhirnya ku googling lah, ternyata, kalo pake aplikasi pinjem duit gitu, katanya, mereka bisa mengakses seluruh kontak yang dimiliki si peminjam.

Bukan main... fak.

Keterlaluan banget ga sih. Kalo misalnya cuma menghubungi emergency contacts sih, oke ya kan, apalagi kalo kontak daruratnya itu orang-orang terdekat. Jadi infonya cepet nyampe, plus, GA MALU-MALU AMAT LAH KETAONE KALO MINJEM DUWEK ONLEN GITU YEKAN.

Di hari yang sama, di sms lagi dong. Dan yang ini membuat uwe skeri, bikeuz, kalimat akhirnya itu...





BANG ص.

Serem aje gitu, (((SELURUH KONTAK DIHUBUNGI DEBT COLLECTOR))) Bukan kita yang ngutang, tapi kita yang diteror-teror, alias tai kucing!

Aku cobalah reach si Hamzah via Instagram nya. Wow, ternyata kita tidak follow-followan. Tapi itu tidak penting sekarang, yang terpenting adalah, ku harus kasi tau dia, kalo rentenirnya genggeusin uwe nih!

Setelah uwe kasi tau, Alhamdulillah dibales panjang dan inti responnya cuma
" 'Maaf ya, De' dan 'Cuekin aja' ."

And I did it. .___.

Setelah beberapa hari, akhirnya si rentenir daring tidak sms-sms lagi. Akhirnya dibayar.. Sepertinya.

Serem juga yakan, minjem-minjem duit online gitu. Sebenernya banyak sih aplikasi kayak gini. Coba aja search di playstore, dengan kata kunci "pinjem duit", niscaya, kamu akan ketemu dengan aplikasi-aplikasi pinjeman duit. 


Sebenernya, baik gak sih minjem duit online gitu?

Baik ga baiknya, relatif ya. Kalo aplikasi fintech ini terjamin, jelas, dan yang paling penting, utama dan fardhu 'ain alias wajib adalah terdaftar di OJK (otoritas jasa keuangan). Ada baiknya, sebelum ikut pinjaman online kayak gitu tuh, di cek-cek dulu. Secara ya, fintech ini cukup mudah dan ga ribet kayak kalo mau minjem di Bank. Tapi, ya harus riset mendalam dulu, pilih-pilih aplikasi yang memang dijaminlah keabsahannya. Ya tapi, sebaiknya gausah deh minjem2 duit onlen kae gitu. Rada serem juga sih, kalo aku. Apalagi, pas sebelum install aplikasinya, mereke meminta kita untuk memperbolehkan mengakses seluurh kontak kita. Coba deh, baca-baca kek di thread twitter atau kaskus gitu..

Menurut aku sih, kalo emang lagi butuh duit banget, atau sangat terdesak, mending minjem ke temen atau sodara atau sama siapa kek orang terdekat, gitu.. Lebih aman, terjamin dan tanpa bunga.. :') Ya tapi pokoknya jangan sampai ngutang lah, apalagi ngutang onlen gini, jika hanya

Image result for meme qasidah sabar
Agar kamu bisa duduk ngopi-ngopi cantik bak sosyelita manjah~

Bayklah, itulah kisah ku ditagihin utang yang bukan punya ku. Cukup mengkhawatirkan ternyata hidup dalam hutang ya.. Gak sanggup akutu jadi dewasa. Hmm hablum nya apa ya? Pikir ajala sendiri. Malas njelasin nih. ywd, terakhir saya ingatkan kalo mau begaol gausah sok kaya ya, begaol lah sesuai kemampuan, dan jangan lupa...



Image result for meme qasidah sabar


Thank you, next.




Dea ❤️❤️

You Might Also Like

1 comments

Komen yang baik, ya :)