Kenapa Jadi Penyiar?

Februari 13, 2019

Wowowowow! Selamat Hari Radio Sedunia!

Haloooo. It’s been a loooong day. Without you ma fren~~

Yha nyanyi..

Pakabs geys? Akhirnya saya kembali lagi. Setelah kemarin sibuk gak ngapa-ngapain ya.. Ribet emang kalo jadi orang sibuk ga ngapa-ngapain ini. HALAH

Jadi, ternyata banyak juga yang tertarik dengan cerita dengan pekerjaan saya saat ini. (Ng.. Ngga juga sih, ngarang aja nih. Dasar aku) Kadang, beberapa orang teman suka nanyain 

“Ih keren ya jadi penyiar..” “Mantep. Mau juga dong jadi penyiar..” “Jadi penyiar seru ya?” “Enak ya jadi penyiar, udah ada gajinya dong..”

HEHEHE AJA DAH AH

Pertama. Kenapa sih, Dealina mau jadi penyiar?

I don’t know. Mari kita cerita. Sekalian trobek.

Dulu, uwe suka banget denger radio. Di mobil, di rumah (dulu seringnya di kamar Mama, karena bentuk radionya keren. Seneng aja, nyari frekuensi radio gitu wkwk) Terus, suka aja gitu ngomong tapi aku tu malu anaknya. Ga terlalu terbuka sama keluarga, mungkin karena jarak yang jauh ya.. Jadi, ya terbiasa ngomong sendiri aja. Curhat sendiri aja WKWK. (Lalu mulai lah blogging~)

Sebenernya dulu tuh, obsessed saya mau jadi presenter atau jadi MC. Tapi, aku punya masalah dalam penampilan, saya ga pede dengan bentukan gigi saya yang WOW NAUZUBILLAHIMINZALIK. Gitu. Jadi, pas sampe besar, ya kebawa terus, saya gak pede di depan rang orang. Langsung kena panic attack. Jadilah, saya pikir, kayaknya penyiar radio mantul juga untuk menyalurkan bakat nyinyir ini. (selain menulis bodoh di blog)


Nah terus, dulu jaman SMA, ada salah satu radio swasta di Pekanbaru ini, punya program khusus gitu, yang ngajak anak SMA untuk jadi penyiar gitu.. Sebutannya School DJ. Jadi, dari perwakilan beberapa sekolah gitu, ikut siaran sama penyiarnya. Waktu SMA, akutu belum boleh naik motrooo. Belum boleh pergi jauh-jauh. Boleh sih, tapi sekali sebulan gitu........ .-. 

Intinya, waktu itu aku ga bisa ikutan ya karena akomodasi. Terus programnya malem lagi.. Yhaaaa. Pupuslah harapan. Waktu itu, (kelas 2 SMA kalo gasala) aku cuma bisa denger temen aku, Fanny, yang jadi School DJ dr sekolah aku. Waktu itu, mikirnya “Gila, Any keren banget, siaran woi dia. Bisa request sama dia, bisa titip salam..” Pokoknya jadi topik utama lah waktu itu..

Udah deh. Abis itu lulus sekolah, masup kuliah, kira-kira awal semester 3, Fanny, temen aku yang dulu School DJ ini, tiba-tiba ngabarin aku dan bilang “Dea, masih mau jadi penyiar?” terus ngirimin kalo radio tempat dia siaran dulu ternyata lagi open recruitment. Langsung aku bales “GILA YA MAULAH!” Anjri, modal nekat waktu itu, aku ga ngerti apa-apa, aku anterinlah CV ala-ala anak SMA baru lulus, surat lamaran dll nya. Gak berapa lama, dipanggil di interview. 

Astaga. 

Image result for meme kaget


Kaget kali akutu, bisa dipanggil. Saking ga siap nya, disuruh dateng jam 8, aku dateng jam 9. Parah sih. Akhirnya dapet absen nomer 3 terakhir! Orang udah pada pulang, ya kita baru nyampe :)))


Long story short, ternyata saya lolos daaaaan, training deh 3 bulan buat jadi penyiar. Belajar apa itu call station, genre2 lagu, time clock, jenis-jenis iklan (ada spot, ada adlibs, ada PSA) belajar jadi operator dan lain-lainnya. 3 bulan kemudian, saya naik on air pertama. Gak langsung sendirian ya tapi. Masih sama senior dulu. Awal-awal naik siaran tuh rasanya, DEG DEG AN PARAH. Tapi lebih deg deg an kalo siaran sendiri! Takut salah ngomong, takut ga pas ngopret nya, takut kelewatan menitnya, takut lupa matiin mic, takut senior denger terus ditegor, HHHHHHHH Ya tapi, lama-lama mulai santai, ashique. Tapi kadang-kadang tergantung tandem annya sih WKWK. Terus mulai belajar ngangkat telfon, gimana interaksi yang baik sama pendengar, mencari topik yang tidak membosankan dan macem-macem deh. Berhubung ini radio swasta daerah, bukan di kota besar, jadi ya, beda juga nge produce program nya dengan radio di kota-kota besar. Jadi, apa – apa tuh penyiar yang harus kreatif. 

Oiya, di sini tuh masih pada suka pake nama siaran gitu. Jadi waktu itu nama siaran aku, Cilla. Ih gemes ya.. HAHAHA EW


Terus, setengah tahun jalan, aku naik tingkat sedikit, jadi penyiar chart. GILE GILE GILE. Chart sama siaran biasa tuh time clock nya beda. Jadi belajar lagi. Di radio yang waktu itu, chartnya ada dua. Chart lagu manca dan lagu indonesia. Kalo yang mancanegara, siarannya full english. Ih parah, susah. Suka belibet. Kalo yang indonesia ya enak.. WKWK.

Setahun siaran, abis itu, radio ini collapse. HUHUHU sedih bgt waktu itu. Karena umur siaran baru setahun, masih seneng-senengnya siaran. Tapi ya mau gimana lagi.. Iklan waktu itu susah, terus pengelolaannya juga yaaa.. gitu. :(( Ya akhirnya, selesai deh..


Dua tahun setelahnya, pas aku lagi KKN, temen aku (yang dulu satu radio) ngabarin, kalo ada radio lain lagi buka lowongan penyiar. Terniat banget akutu, kabur dari tempat KKN, naik motor 3 jam ke Pekanbaru untuk interview :’) Karena kangen banget sama dunia radio ini. Ga sia-sia, diterima dongggg. WKWKWK. Seminggu setelah selesai KKN, langsung training lagi, belajar lagi, ulang lagi dari awal. Dan masih bertahan sampe sekarang. Ga kerasa udah setahun aja di radio yang baru ini..



Seru ga jadi Penyiar?

Seru laaaah, kalo gak seru, ga mungkin aku mau balik lagi ke dunia ini.  Waktu siaran itu rasanya kita jadi kayak orang pinter, paling tau, paling kerenlah pokoknya. Diantara keluarga saya sendiri. Ya saya merasa keren diantara kakak dan abang saya. Kalo sama orang lain, ya masih kalah keren laaah WKWKW.


“Hidup” ga jadi penyiar?

Hmmm.. Ini sih tergantung ya.. Kalo di kota kayak Pekanbaru ini, gaji penyiar bisa dibilang masih rendah. Hehe. Belum bisa dijadikan pekerjaan utama, masih termasuk part time job. Kecuali, lo kerjanya di ‘radio yang sejahtera’ atau lo kerja lagi diluar, kayak mandu gitu alias nge MC.. Terus, radio itu kan dibayarnya per jam ya, jadi ya kalo mau banyak gajinya, ya rajin-rajin aja siaran. Yakali, siaran dikit tapi pengen gaji gede :))) (Etapi sumpah ya, pas gue baca radio di jakarta per jamnya bisa 300k gitu, ya ALLAHUAKBAR. Timpang banget sama uwe di sini huhuhuhuhuhuhuuh) emang berapa, De? Ehehehehehe. Tebak aja.


Kalo mau jadi penyiar, harus pinter ya?

Harus pinter-pinter :))


Gimana sih caranya jadi penyiar?

Hhhhh, makanya tah dibaca dong di atas. Di apply lamarannya, interview. Nah kalo lolos, nanti di training dulu. Ya masa main siaran aja.. Tapi ada sih, salah satu radio swasta di sini, yang punya program citizen announcer gitu, jadi siapa aja bisa MENCOBA siaran...


Dan, pada akhirnya, aku berterimakasih banyak sama Fanny Syafirha Azmi, sebab andalah saya sekarang jadi penyiar radio ini. Wherever you are, moga Allah selalu lindungi kamu dan murahkan rejeki mu, Anik!


cuma ini foto terkece ter ok termantap ter keren (gaya ahha, YHAILA) yang gue punya selama siaran. maklum anaknya jarang foto didepan mixer karena monmaap. MALU HAHAHAHA. difotoin sama @anggapradika



Dah, gitu deh cerita Dealina hari ini.

Mau tanya apa lagi? Sok mari ditanyain.. Nanti uwe jawab, kalo bisa. Hehehehehehehehehehehehehe
C.U cup cup wawaw






LotsaLavvv
ps. ini nulisnya sambil dengerin radio dari penyiarnya opening sampe closing. 3 jam. 

You Might Also Like

1 comments

  1. Wah keren dan seru. Aku pengen jadi penyiar dari jaman sekolah sampe sekarang udah ga sekolah, tapi bingung darimana mulainya. Sampai ketemu tulisan ini jadi ada masukannlah, kalo caranya ya nyari lowongan, dan si penulis beruntung sih ada temen yg ngasih info terus. Aku mah belum ada keberuntungan itu. Jadin yaudah deh

    BalasHapus

Komen yang baik, ya :)