ga ada judul

Februari 12, 2024

Bulan lalu, out of nowhere diajakin anak kantor untuk nonton film 13 Bom di Jakarta. Awalnya kek, hmmm menarik gak ya? Soalnya males kalo udah naruh harapan ke film Indonesia dan ternyata ya gitu deh hahaha. Sebenernya udah lihat trailernya dari kapan waktu itu di Twitter dan udah nandain filmnya juga, tapi ya kebiasaan kalo kelamaan, cuman ditandain doang, ternyata pas rilis udah keburu lupa hahaha. Akhirnya diingetin pas mereka ngajakin nonton. Aku pikir, yauda sih, nonton aja, keknya aku ga bakal nonton ini sama temen-temen yang lain dan yaaa ga pernah juga keluar bareng mereka. Akhirnya, jadi deh tuh nonton. Disclaimer dulu, aku udah tau “product placement” si film ini dari trailernya kok. YANG AKU GAK EKSPEK TUH TERNYATA MALAH JADI PERAN UTAMA GITU DI FILM INI HAHAHAHAHA.

Satu sisi pengen ketawa ngakak karena kek ih apasi anjir, satu sisi gabisa karena temen-temen yang nonton bareng aku gak ada yang relate..

So, aku ceritain deh dari awal ya..
13 Bom di Jakarta berkisah tentang teror bom di Jakarta (yea, obviously lah ya). Si terorisnya ini meminta bayaran uang dalam bentuk bitcoin yang dikirimkan melalui salah satu aplikasi trading, yang tak lain dan tak bukan adalah si sponsor utama film ini, Indodax. Ok, aku pikir hanya segitu nih product placement nya. Gataunya, OH EMANG INTI CERITANYA ADALAH BELIAU INI. Ditangkaplah si pemilik Indodax (dalam film ini diperankan oleh Chicco Kurniawan dan Ardhito Pramono), mereka diinterogasi bagaimana bisa si teroris pengennya duit dari aplikasi mereka, apa mereka bersekongkol dengan teroris, endesbla, endesble.. Makin rumit deh masalahnya, sampe masalahnya jadi bawa-bawa gimana awal mula Indodax dibangun, tujuannya ape segala macem dan bikin w mikir “Yaelaaah, ini mah dokumenter Indodax ditambahin bumbu action, atuhla 😂

Yang bikin gue geli banget adalah karena dulu aku pernah ikutan memeriahkan Festival Film gitu yang diadain sama Indodax. Lebih tepatnya diajakin temenku untuk partisipasi, gitu wkwkwk.. Jadi, bikin w mikir ada obsesi apa Indodax sama dunia perfilman ya? Pure gue gatau dan ga nyari tau juga sih hahaha

Balik lagi ke 13 Bom di Jakarta. Dengan durasi 2 jam lebih (3 jam deh keknya) ternyata bisa bawa cerita dan actionnya dengan baik. Yah, walopun bagian drama nya yaaaa gitu deh. Untuk bagian action, meledak ledak, special effect gue kasih jempolan banget deh untuk yang katanya biaya produksi termahal 2023 (ga tau deh, apa sengaja banget dirilis akhir tahun banget banget biar bisa tetap masuk jajaran 2023, biar ga bersaing di 2024, idk wkwkw) dengan ledakan bom yang beneran ini, memang ok mantap punya lah. Secara cerita udah kuat, sayangnya pas bagian flashback dari si terorisnya menceritakan latar belakang kenapa dia ngelakuin ini, aku rasa gak tervisualkan dengan maksimal. Karena, yaudah cuma dengerin ceritanya si terorisnya doang (diperankan oleh Rio Dewanto), jadi kek, feel-nya kurang dapet aja gitu.. Tapi plot twistnya, oke bolehlaaahhhhh. Cukup membuat aku bergumam "ah anjingggg aku tidak menyangkanya, teman-teman!"



Overall, gue suka filmnya tapi yang gak bikin gue “fafifu wasweswos” sampe selesai nontonnya gitu. Yang kayak, oh gitu, oh yaudah.. Wkwkwkwk. Film ini jadi salah satu daftar 5 film Indonesia yang seharusnya lo tonton sepanjang 2023 selain Petualangan Sherina 2, Budi Pekerti, Sleep Call dan Jatuh Cinta Seperti di Film-Film. (ini versi gue, lho ya.. Menurut lo, apa 5 film Indonesia tahun 2023 yang seharusnya ditonton?)
**

Anyway, karena tadi udah gue singgung sedikit tentang keikutsertaan gue dalam festival film yang diadain sama si Indodax ini, gue mau pamer deh, hasil nebeng di film temen-temen gue ini. Judulnya “The Script”. Awalnya sempat pengen bikin film serius yang penuh makna mendalam apalah gitu, gue udah mencoba untuk nulis scriptnya waktu itu, tapi gatau pertimbangan apa, si director kita ganti haluan ke film horor-komedi. Actually, komedi nya cuma berapa persen sih wkwkwk. Waktu itu beneran kek cuma “yuk bikin film yuuukkk..” alias seru-seruan doang. Tapi emang Tuhan tuh kerjanya gak bisa kita prediksi, yakan. Udahlah kami submit filmnya h-beberapa menit sebelum ditutup, syuting dengan peralatan seadanya, script yang impromptu, kemampuan akting yang setara drama english day waktu SMA, even the production name is "MENDADAK", ternyata tim ini berhasil menang 3 kategori sekaligus. Best Film, Best Screenplay dan Best Director 🙂

WHATTA.... GA BISA BERKATA-KATA BANGET.

Bener-bener di luar prediksi BMKG. Awalnya pengen “yuk nobar di kantor yuk awarding night nya” tapi pada ga semangat karena “ah udahlah, ga bakal mungkin juga kita menang, ga usah kepedean lah sok nobar..” Akhirnya pulang semua, tapi tetap nonton masing-masing di rumah.

Nangis? Banget! Karena sangat sangat tidak menyangka bakal se menang ini. Boleh deh kamu tonton film nya di sini






“Kalian ga mau bikin lagi gitu?”

Aku sih sebagai pemeran pendukung, ya cuma bisa nunggu callingan doang. Kalo ada ayok, kalo gada ya sudah, hahaha.. Tapi ini jadi salah satu experience baru yang aku dapetin di 2022 bareng temen-temen baru juga. Seneng banget bisa jadi bagiannya.

Tell me your thoughts about the film in comment section, please ;)










You Might Also Like

0 comments

Komen yang baik, ya :)