Danur - Risa Saraswati

Juli 16, 2012


“Jangan heran jika mendapatiku sedang berbicara sendirian atau tertawa tanpa seorangpun terlihat sedang bersama ku. Saat itu, mungkin saja aku sedang bersama salah satu dari lima sahabatku.

Kalian mungkin tak melihatnya…. Wajar. Mereka memang tak kasat mata dan sering disebut… hantu. Ya, mereka adalah hantu, jiwa-jiwa penasaran atas kehidupan yang dianggap mereka tidak adil..”

***

Holaaa, Assalamualaikum! Itu apa sih pembukaannya agak nyeremin gitu? Haha.. Penggalan cerita diatas bisa dibaca di cover belakang buku yang baru aku beli nih.. Bukunya kerenlah! Judulnya DANUR hasil karya oret-oretannya Risa Saraswati. Kak Risa ini penyanyi loh. Ga tau kan? Ga tau kan? Sama ._. Hehehe.. Kalo ga percaya, search aja di gugel atau baca blognya. Lagu nya bagus loooh!!

Ceritanya emang agak horor, ehm. Bukan agak lagi lah ya. Emang horor lah. Ceritanya tuh mengisahkan persahabatan Kak Risa kecil dan lima orang ”hantu” anak belanda. Iya, Hantu. Halah, masih nanya juga. HANTU! Iya sesuatu yang tidak kasat mata, yang tidak lagi memiliki raga, yang tidak lagi menghirup udara. (Sial, keren banget bahasa aku ini!)

Ini nih buku saya. Baru loh. Masih bau toko,
tapi sehari udah selesai saya baca :D
Jadi, diawalnya saat Risa pindah ke kota, dia kurang bisa bersosialisasi dengan temen2 barunya. Nah saat itulah dia “berkenalan” dengan lima hantu cilik dari belanda. Ada Peter, Hans, Hendrick, William dan Jehnsen. Hingga suatu ketika Risa berjanji pada Peter akan “mengikuti” Peter dan kawan-kawan ke kehidupan yang kekal. Risa memutuskan bunuh diri. Namun setelah tiga kali mencoba, semuanya gagal. Risa pun tidak bisa menepati janjinya. Karena itu, ia ditinggal oleh teman-teman hantunya. Dan mereka tidak pernah kembali menemui Risa. 
Diakhir cerita, aku bener-bener terharu akan suatu kejadian yang di ceritakan oleh Kak Risa ini.. Entah kenapa di akhir baca buku ini aku jadi nangis.. Persis di Bab terakhir, Bab "Menemukan Jarum dalam Jerami" Serius. Bab ini tuh emang yang penutup yang paling keren! Oh ya, Kenapa Nangis? Yah, mungkin emang akunya aja yang terlalu tersentuh dengan adegan yang mengharukan itu. Mau tau apa yang bikin aku nangis? Haaaa.. Baca sendiri dong. Beli bukunya sendiri, gak asik kali kalo aku ceritain semua disini :p Hehehe

Btw, tau gak arti “DANUR” itu apa? Gak tau ya?? Nih aku kasih tau (aku kutip dari bukunya)

“...kau tau kan apa itu Danur? itu adalah air berbau busuk yang keluar dari mayat yang mulai membusuk. Aku benci itu! Aku benci itu!!!”

Ehm, tiati ya kalo tiba-tiba nyium bau-bau gimana gitu pas malem-malem.. hiiiyyy..
Eh, maksud ana, mana tau situ kentut gitu, yaelah udah takut aje.. Hahahhaa :D

Pokoknye, baca ini buku! Keren abis, abis dikerenin. Biar kalian tau, di dunia ini bukan manusia saja yang hidup, tapi ada makhluk lain yang hidup pada dimensi lain..

“Namaku Risa. Aku bisa melihat ‘mereka’. Dan ‘mereka’, sesungguhnya, hanya butuh didengar.” – Danur, Risa Saraswati

You Might Also Like

0 comments

Komen yang baik, ya :)