[Dea Asal Review] : Criminal [Part 1]

September 25, 2020

Ola amigo!
Diem-diem ternyata udah bulan September aja iniiii. Astaga. Tepuk tangan dulu untuk diri sendiri karena masih bisa bertahan dan waras di tahun yang astagatralalatrililibangsatbukanmain ini donggg...




ya. kita semua luar biasa bang aril

Anyhoo, how's life guys?

I know kalian pasti langsung "si anjir masi aja nanya bagaimana kehidupan di tengah pandemi dan segala lawakan negara ini"
wkwkwkwk ya maap. Namanya juga basa basi ye khaan. Dah lama juga ini gak nulis. Jadiiii, yaaa.. Bridging macam apaaaa ini, sampah bgt 🤣
Udah lama ga dilatih ini kemampuan nulis ataupun bicaranya, jadi makin ngawur. Haduh Deaaa, Dea.. satu lagi tahun yang engkau sia siakan wahai anak muda.. Wal asr, Deaaaa --"
See? Makin sampah kan ini ngomong apadah udah makin membingungkan wkwk. Okay, kalo mau ngeluhin pandemi lagi, udah pasti kayak nyari ujung selotip di toples nastar ya kan, alias susah nemuin ujungnyaaa, jadi kita bahas yang lain aja. (Aku udah pernah bilang ini gak sih? Dasar tidak kreatif!)

Waktu itu aku sempet liat tweet dari akun yang bahas-bahas film gitu, tentang sebuah serial netflix. Judulnya, Criminal: UK. Daaaan, waktu itu dia update nya udah Season 2. Tapi ni, tapiiii. Menariknya adalah, ternyata serial ini dibikin versi beberapa negara. Btw, Serial ini di rilis September 2019. Iya, baru tahun lalu kok guys. Belum ketinggalan amat. Dan yang baru ada Season 2 nya cuma UK doang..




Wow. Sambil kayang.

Dilihat dari trailernya sih, sungguh menjanjikan. Apalagi kalo kamu suka film atau serial macem sherlock, conan, lie to me.. serial ini cocoklah untuk masuk daftar tontonan kamu selanjutnya.
Satu season satu negara, cuma ada 3 atau 4 episode. 1 episode paling sekitar 35-48 menit. Nah, karena didasari rasa wow sampe kayang tadi, aku cobain nonton deh. Pertama aku nonton yang Criminal: France.
Setiap episode nyeritain perkara yang berbeda. Pokoknya satu episode, case closed. Settingnya cuma di ruang investigasi doang, ruangan yang ada kaca satu arahnya gitu loh.. trus lamgsung deh adegan wawancara antara si investigator dan tersangka/saksi. 

Episode 1 Criminal: France nyeritain salah satu tragedi yang pernah terjadi di Paris, Bataclon Attack. Tadinya aku pikir tragedi ini bohongan, tenryata emang beneran ada. Tapi kalo cerita investigasi ini mungkin yaaa karangan saja, berdasarkan kisah tragedi Bataclon Attack makanya dibikin side story nya gitu kali yaaa (cmiiw yes)
Kasus di episode ke 2 ada seorang bos harus bertanggung jawab atas kecelakaan yang nimpa salah satu buruhnya. Yang ternyata oh wow. Oke sip, gitu ternyata hehe tapi yaaaa biasa aja sih.
Lanjottt episode 3, reaksi aku agak hmmm oke... gitu. Ceritanya tentang laki-laki yang tertuduh ngebunuh seseorang berdasarkan rasisme LGBT. Eeeh tapi ternyata si yang dikira tersangka ini.... gitu. WKWKWKWKW. Gamau spoiler.
Selama nonton yang France, tenggorokan w berasa diobok-obok karena, you know lah ya gimana bahasa perancis 🤣🤣 Mamtap.

Lanjut, aku nonton Criminal: drum roll



Iyesssss. Dutcsh! Episode 1 nya cukup rumit, karena menyangkut paut tentang bagaimana kehidupan orang-orang German dulu saat masih ada tembok Berlin dan saat tembok itu diruntuhkan. Ngegambarin gimana kesenjangan hidup antara Jerman Barat dam Timur yang bisa menyebabkan KASUS INI BISA ADA DI MUKA BUMI INI. Wow. Keren sih. Sebagai anak HI aku bangga bisa ngertiin ini episode. I mean, ya Allah, ada juga ilmu yang nyangkut di pala ini selama 5 tahun kuliah wkwkwkw.
Dan woyyyy, latarnya sama persis dengan France. Cuma bedanya ya, ini German version. Orangnya beda, bahasanya juga beda. TAPI LATAR TEMPATNYA YA SAMA DIDIEU WAE. Kaget dikit pas liat, LHA tempat sutingnya sama toh.
Atau, memang konsep serialnya seperti itu..
Lanjut kita ke Episode 2.  Kasus seorang suami yang diinvestigasi karena kecelakaan istrinya. Istrinya itu jatuh dari tangga gitu kan, nah disinyalir kayaknya suaminya ini KDRT sama istrinya.. Tapi ternyata, yasalam sumpah jadinya gak tega. Semuanya demi anak. Ini juga menyangkut harta dan kekuasaan yang bisa ngendaliin semuanya. Money talks.
Di espisode 3, kasus seorang cewe psikopat yang ngebunuh banyak orang dan sebenernya udah lama diadili, cuman ternyata masih ada korbannya yang belum ditemukan. Dan salah satu polisi di situ janji sama orang tua korban buat nemuin dia. DAN ITU KASUSNYA KEK UDAH 20 TAHUN YANG LALU DONGGGG. Akhirnya terungkap juga sih, ternyata si tersangka ini kenapa begitu ya karena begini. WKWKWKWKW. Gamau ceritain. Silahkan nonton sendiri aja.. 

Lanjut ke Criminal series SPAIN, alias espanyolalalaa. Cerita pertama tentang kasus mutilasi yang nimpa seorang janda kaya yang tergila-gila banget sama anjing. Iya. Dia sayaaaanggg banget sama anjingnya, seekor dalmatian. Tapi sayangnya dia terkena kasus mutilasi ini. Sumpah dari Prancis dan Jerman, pas nonton yang Spanyol ini aku berasa greget! Polisinya lebih gimanaaaaa gitar. Lebih gitulah! WKWKWK. Episode 2 kasus meninggalnya seorang anak autisme, yang tenggelam dalam bath tub. Kakaknya sendiri jadi tersangka. Tapi ternyata kakaknya ngelakuin itu karena....... :') Gila sih, aktingnya tjap djempol banget. Ak sampe ga tega :') Cerita ketiga ini ish super ya, super menyebalkan! Benci kali lah aku sama polisinya pokoknya. Kasusnya gampang, tersangka mau kerjasama, cuman permainan polisinya sumpah gak suka :) Sampai ending aku ngerasa malah kok cara mainnya kotor sih.. agak ga terima gitu hasil wawancaranya.. Tapi ternyata, ada twistnya. Mamtap.  

Aku baru nonton 3 negara ini. Untuk UK mungkin akan aku tulisin di post an yg berbeda karena udha 2 season. So far, diantara 3 ini, paling suka yang Spain. Terus German baru Prancis. Di German sm Spain polisinya ada yang bawa2 emosi pribadi dalam kasus. Berasa kayak ada rasa2 penyalahgunaan kekuasaan gitu wkwkw. Pokokmya polisi harus selalu benar, padahal nyatanya gak kayak gitu.. Ada sisi lain atau side story yang menyebabkan kasus tersebut bisa terjadi. 

Sukak sih akuuuuu. Rate dari aku untuk 3 negara ini 

France : 3/5
German : 3.5/5
Spain : 3.75/5


WKWKWKWK rate macam apa ituuuuu.

Next, kita lanjut menomton Criminal: UK. Nah, yang ini spesial, soalnya udah 2 season. Dan masi nyari waktu buat nonton. Yailah padahal pengangguran ini, sombong amaaattt.

Yaudalahya. Panjang kali pasti capek bacanya. Aku juga dah muak ni dah nulis nya. Nanti disambung ke Part 2.












Kalo ingat. *kabuuuurrr*

You Might Also Like

0 comments

Komen yang baik, ya :)