Tiba-tiba diajak "nge-camp"

November 08, 2018

Ssup!

Dealina punya cerita baru nih, ges.
Saya gagal nonton closing ceremony Asian Games. Tapi gapapa. Karena ternyata B aja dari pada Openingnya. Tetep lebih mantul openingnya. wkwkwk /monmaap panitia/

ya itu intro doang, intinya sih saya gamau cerita tentang itu. jadi, saya balik dari Jakarta tgl 3 September dan tiba-tiba tgl 6 September, malamnya dihubungi Risti buat ikut kegiatan yang sumpah sama sekali saya ga ngerti dan ga paham. Intinya, saya cuma mengantikan tempat salah satu team dia yang tiba-tiba mengundurkan diri.

well, dengan diiming-imingin "yok cil, nginap gratis di hotel" ya, saya ikutan. HAHAHAHA murah banget.. padahal harusnya siaran sih dong.. HAHAHA

yaudah, sabtu pagi meluncurlah saya ke sebuah hotel, tempat dilaksanakannya kegiatan ini. Acara apasih De?

Nama acaranya Riau Youth for Climate Camp, yang diadain oleh Youth for Climate Change. Jadi acaranya tuh, semacem workshop untuk pemuda untuk bersama-sama mencari solusi atas perubahan iklim yang terjadi saat ini. Kita belajar perubahan iklim itu, penyebabnya apa, bagaimana mengatasinya (eh engga ding, setidaknya mengurangi dampak dari perubahan iklim tersebut), dan belajar juga untuk memulai hidup sehat. Asik ga tuh?

Ini judulnya aja CAMP. Tapi, nginepnya di hotel. Hmm. Bingung, kan ya.. 



Belajar lagi tentang gas rumah kaca, apa yang menyebabkan iklim ekstrim terjadi, dan lain sebagainya. Sebenarnya ini pelajaran dasar di SD. Cuman ya gitu, otaknya kita kan, suka....



Terus, kita juga diajarin untuk menghitung jejak karbon yang kita keluarkan.

Hah, gimana-gimana?


Jadi ya ges, setiap kegiatan yang kita kerjakan itu mengeluarkan gas karbon yang menyumbang gas rumah kaca dan membuat bumi semakin panas. WOW. Ngomong apeeeeu.


Hmm. Begini. Cahaya matahari nyampe ke bumi, membuat bumi hangat. Nah, bumi kan ada atmosfernya tuh gaes, Kegiatan makhluk hidup bumi mengeluarkan gas karbon yang memenuhi atmosfer, sehingga membuatnya menebal dan membuat bumi itu semakin panas akibat kegiatan yang dilakukannya sendiri.
Sampe sini paham dong?

YA ENGGALAH
LAH LU NGOMONG APA JUGA KITA KAGA PAHAM

gue geli sendiri anjir.
Nah, ini skema nya. Silahkan dibaca baik-baik. Mudah-mudahan mengerti ya..
Sumber

Maksud uwe tuh ya gitu.. WKWK emang ga bakat jadi guru ya..

Nah, terusannya kan, kita juga belajar ngitung gas karbon yang kita keluarkan. Jadi kita bisa tau, berapa banyak sih kita nyumbang gas karbon yang jadi penyebab pemanasan global. 
How to calculate it? Kamu bisa buka web ini --> IESR (Kalkulator Jejak Karbon)

Ternyata, dengan kita ga matiin lampu, ga ngabisin makanan, beli mineral botolan atau gelas, itu juga menyumbang gas karbon loh. 
Sedih ga sih, bumi ini udah makin tua dan kita makin gila-gilaan juga bikin dia rusak. Padahal cuma ini satu-satunya planet tempat kita tinggal. Huhuhu.

sumber
Gimana? Lumayan pinter loh gue abis dari camp ini. Beberapa minggu kemudian, ya gue lupa. YHAAAAAAAA..

Nah, selain itu, kita juga site visit, ke salah satu desa yang udah menjalankan program yang namanya desa sadar api something, halah. Jadi, ada sebuah perusahaan pulp and paper yang pabriknya di Riau ini, menjalankan sebuah program pemberdayaan masyarakat agar tidak menanam sawit. Sebab, Riau ini lahannya gambut, dan gambut gampang sekali terbakar, apalagi musim kemarau. Gambut itu, jika sudha terbakar, itu apinya bisa menyebar bermeter-meter kedalam tanah. Sedangkan sawit, sifatnya menyerap banyak air. Otomatis, lahan gambut kekurangan air jika di tanami sawit dan jika terjadi kebakaran , untuk memadamkan apinya cukup sulit, sebab beratus2 meter dibawah tanah masih ada apinya, sedangkan airnya sudah habis diserap sawit :(

NGARTI KAGA PADA NIHHHH?!!
Sumpah sih, gue susah amat njelasinnya. Pokoknya gitu deh.
Jadi program desa ini, tujuannya, agar warga desa tidak lagi menanam sawit. Tapi beralih ke tanaman-tanaman kebun, buah, sayur atau bikin kolam lele, dan lain sebagainya..

Tapi memang, untuk menyadarkan masyarakat akan hal itu sedikit susah. Sebab, masyarakat hanya memikirkan bagaimana duit banyak cepet ngumpul, ya tanem sawit. Padahal mah bisa dengan nanem yang lain :')

Daaaaan, yang spesialnya lagi, di camp ini, ngedatengin abang-abang vlogger asal Kanada (eh iya gaya..) yang katanya cinta banget sama Indonesia. Mereka udah bikin beberapa video di channel youtube mereka atau instagramnya, kamu bisa search SlamJamBros
Kenapa ngedatengin mereka?

Jadi, kita juga dikasi workshop tentang video making, dengan fokus utama kampanye lingkungan. Nah abang2 slamjam ini yang ngasi workshop nya..

Eniwei, video kelompok gue dapet kehormatan sebagai video terlucu alias GAJELAS HAHAHAHA. thanks to my absurd content, akhirnya kami kelompok yang bener2 underdogs, ternyata bisa diliat juga wkwkkw. Rela banget gue roll depan, sampai akhirnya video itu jadi "WOW HAHA LUCU BANGET PARA LU JIR"

to be honest, malu gue jir, ga inget umur WKWKWKWK. Videonya gabakal gue post di sini yang jelas.

More about slamjambrothers, click --> SLAMJAMBROS

Dan itu dia cerita singkat tentang YFCC. Thank you Risti, saya jadi nambah ilmu lagi!
No. Thank you for the free room. HAHA

You Might Also Like

1 comments

Komen yang baik, ya :)