Aku Ketemu Calum Scott! | DO Music Festival

November 08, 2018

Haloha! I’m back, bitch*es!

So, saya mau cerita tentang sesuatu yang wow luar biasa, bagi saya. Buat kamu ga wow, yauda sih. Wah, pasrahan anaknya ya.. Hm..

Sekitar bulan agustus, waktu lagi liat-liat instagram stories, salah satu temen ngeposting sebuah flyer “the biggest international music festival in Sumatera,” and something lah. 


Lalu, aku ikuti jejaknya, dan sampailah aku disebuah instagram bernama DoMusicFestival. Awalnya kayak “Project apaan nih? Keknya seru, follow dululah..”

Terus ai follow deh.

Akun ini mulai ngeposting beberapa wishlist artis, dan aku kayak “wow wow wow, mereka mau ngundang artis2 keren, bahkan internasional? SIRIUSLIIIII??

Yes. They are.

Gak lama setelah itu, di confirm lah kalau line up internasional dari festival ini adalah Calum Scott.


Oh ya, festival ini diadakan di bulan November. Dan pertama kali acara ini dikenalkan bulan Agustus. Kagetan banget anjir, dan waktu aku kepoin website mereka, itu bener-bener kosong. Belum ada apa-apa sama sekali. Dan aku kayak kekurangan info gitu. Mereka seperti bener-bener baru bangun, “eh bikin festival music yuk?” “Kuy” Dan jadilah. Astaga.

eflyer domufest

Awalnya aku pikir masih, “AH BOONG NIH..” Tapi, Alhamdulillah bekoz gue anak radio, /asik/ jadi berita-berita kayak gini tuh cepet bgt nyebarnya. Dan ternyata, yang punya acara ini sepupu temen gue dong di radio. Anjir, ni anak diem-diem bae, kek belum ngopi! Pas kapan gitu, dia baru ngomong ke grup “Eh gais, bantuin dong posting di instagram kalian..”

Mengapa tidak berbicara dari awal anak mudaaaaaaaaaaa

Long story short, akhirnya sampailah kita di bulan yang ditunggu-tunggu. November. Gada angin, gada ujan, tetiba manager gue nge watsap “Besok lo yang interview Calum Scott ya. Setiap media dikasi waktu 5 menit.”

Dan gue pas ngebaca itu watsap kek “HWANJEEEEEEEEEEEEERRRRR”
 
KYA KYA KYA

Gue, live interview di radio sama artis lokal aja belum pernah. DEMI APAPUN. Banter gue talkshow sama dokter dan komunitas. Artis? BELUM PERNAH.

Dan ini langsung dikasi ARTES INTERNAYENEEUULLLLL? Sumpah sih girang banget :”)

“Jadi gimana rasanya De, nginterview artis internasyeneul?”

FAKING BICH! :)

Gue cuma bisa bilang itu. Karena di hari H bukan gue yang interview. Tapi senior gue di radio ini. Sumpah ya gue ga ngerti juga kenapa bisa gitu, apa mas manager kesayangan gue ini lupa ngasi tau klo gue gajadi, atau gimana, gue gamau suudzon, yang jelas manager radio udah nyuruh gue langsung untuk nginterview, gue dateng pas press conference,  tapi pas di sana, ya gitu :’) Sedih sih. Kesempatan emas soalnya. Lebih ke KESEL SIH GUE. Ga ngerti deh gue, mereka koordinasi dibelakang gue gimana, yang jelas gue KECEWA PAKE BANGET. :) 

:)

Oke gausah dibahas lagi. Gue udah cukup sakit ditikung kayak gitu, tapi yang jelas, gue tetep bisa ngomong langsung sama Calum dan bisa foto sama doi. UHUHUHUHU.

😒😒😒😒😒😒
OKE CUKUP CURHAT COLONGANNYA YA. KITA KEMBALI KE TOPIK UTAMA. FESTIVAL MUSIK.

Press Conference DO Music Festival
Ki-ka (Bani - Public Relations of DOmufest, Kevin - from KODEGrup, Ten2Five, Calum Scott, Olly from KODEgroup)


Jadi, Do Music Festival ini dibikin oleh KODEGroup. (KODEgroup sendiri itu didirikan oleh 4 orang anak muda Pekanbaru, KODE itu juga inisial dari mereka berempat, cmiiw)
"Additionally, Do Music Festival is a pioneer music festival that brings the concept of nature and the largest festival throughtout the island of Sumatera, especially in Pekanbaru. Therefore, Do Music Festival proudly present the first International Music Festival in Pekanbaru channeling the art aspirations that are package in an interesting and enjoyable way for the public." *
 *dari website domusicfestival.com

MAMAM SAMA KLEN TU! AKU FOTO SAMA CALUM SCOTT!! :p

Selain Calum Scott, juga ada Tulus, Ten2Five, Marion Jola, Pusakata, Diskoria, Ahmad Abdul dan beberapa local heroes (artis indie) yang nampil di festival ini.

And baidewei, di hari itu, Ten2Five juga ngerilis single terbaru dan official lirik videonya, setelah vakum sekian lama. Luwarbyasah!

Mau cerita dikit, pas Tulus nyanyi Monokrom, anjir sih, tetiba gue nangis dengan sendirinya. Tiba-tiba ni mata anget aja gitu. Gatau napa.. Kayaknya lirik.. 


"Dimanapun kalian berada, kukirimkan terimakasih, untuk warna dalam hidupku dan banyak kenangan indah.." 

..cukup ngena dihatique yang rapuh ini, sehingga membuat bulir-bulir air mata keluar dengan sendirinya :')

TULUS! Ga keliatan ya... Tapi sumpah, itu Tulus wei :')

IHIK

Gue cukup berbangga hati, kota kecil di pulau Sumatera ini, kota kelahiran gue, kota dimana gue besar dan hidup ini, bisa bikin event kelas internasional kayak gini. Mudah-mudahan dari awalnya org cuma tau Aceh, Medan, atau Palembang yang ada di Sumatera, sekarang udah bisa jalan-jalan juga ke Riau, especially Pekanbaru.


MONMAAP SAYA SOMBONG BANGET NIH SAMPE PAMERIN BEGINIAN DOANG WK

Pas masuk kita dikasi map gitu, biar ga tersheshat di dalem, karena emang Alam Mayang itu luas sekali loh pemirsa, biar saya kasi tau aja ni, buat pemirsa yang belum pernah kesana, mungkin.. Dan, karena ini konsepnya festival gitu ya, jadi kita keliling-keliling gitu kan ya, banyak stand dan stage nya kebetulan ada dua.


Ini Map alias Aku peta aku peta, dia peta dia peta, aku PETAAAAA!!

Kalo ga keliatan, di klik ajalah gambarnya ya sisku...

Dan 2 stage itu adalah, Nafiri Stage dan Akordeon Stage. Nah jadi, performernya di bagi dua gitu. Dilema banget waktu mau nonton Marion Jola tapi mau nonton Tulus juga.

Kenapa ga bolak-balik aja, De?

Anda ini gimana sih. Saya kan udah bilang, ALAM MAYANG ITU GEDE. LUWAS. SEPERTI JIDAT SAYA INI. Jadi, stage nafiri dan stage akordeon itu lumanyun juga jauhnya. Sebenernya akutu mau aja, lari-lari kecil, bak Sa'i Manasik Haji, dari Bukit Safa ke Bukit Marwah. Tapi, karena saya tu ngikutin rombongan, mayoritas dan temen-temen saya ini, takut saya "hilang" gitu ya kan, jadi ya, kalo udah di satu tempat, yaudah di situ aja.. 


Akordeon Stage, stage yang lebih gedean dibanding Nafiri.


Lihat deh, jamnya deketan banget kan :')


Padahal ya, Samuel, temenku di SMA dulu, jadi band pengiringnya (keyboardist nya) Marion Jola dan juga Abdul. Dan aku dah bilang sama dia bakalan lihat dia perform, sempet ketemu malah sebelum di perform, tapi ga sempet foto! Emang dasar manusya, susah banget dipegang kata-katanya :") I'M SO SORRY SAAAAMMM! But, I know you've done it well, right? Keliatan kok dari update-an mu keren-keren banget! Congrats, Sam!


Kamu lupa sama Samuel? Atau belum kenal sama dia? Baca ini and find Samuel!

Jam 12 malem, akhirnya saatnya Diskoria untuk mengguncang panggung sambil hura-huri disko. Tapi, tiba-tiba panitia nyampein kalo perform Diskoria di pindahin ke Embassy Club. I don't know why, katanya sih karena kesalahan teknis. Keciwa juga sih. Dan agak males juga kalo harus pindah tempat dulu, karena fix badan ini sudah sungguh letih.. Jadi ya, kami lebih baik pulang saja..

De,de.. Kemarin katanya ada demo-demo gitu ya?

Yes. Katanya salah satu ormas Islam itu gak suka dengan acara ini karena katanya acara ini nyebarin LGBT :)



GUE CUMA BISA NGAKAK GULING-GULING DAN TELENTANG 😃


Cuma karena katanya performer Internasional kita ini, memiliki kelainan seksual, lalu, dibilang acara ini juga berisi acara LaGiBeTe?
Ya Allah, Ya Salam.

Gue ga ngerti kenapa masih aja sih, ada orang-orang yang suudzon banget. Padahal tujuan acara ini cuma untuk memperkenalkan Riau ke mata Internasional, dan juga bertujuan memajukan perekonian pariwisata Indonesia, khususnya Pekanbaru, Riau. Kenapa masih ada sih orang-orang berpikiran sempit kayak gini, yang ga bisa nerima perubahan dan perbedaan?

I know, kalo dalam agama Islam, hal tersebut memang sangat sangat pantas untuk dilaknat Tuhan. Tapi, mbok ya tabayyun dulu. Cari tau dulu. Bener ga sih, acara ini ada seruan LaGiBeTe di dalamnya. Heran banget. Asal tau aja, ga perlu ngedemo ataupun memboikot si artis Internasional ini, WARGA LOKAL DALAM NEGERI KITA SENDIRI INI SAJA SUDAH BANYAK YANG KELAKUANNYA KAYAK GITU. Cuman, emang kita ini ga se liberal dan se bebas warga luar negeri sana yang seenak hatinya mengekspresikan diri. Karena kita memang menjunjung tinggi budaya ketimuran. Jadi, ga keta-one aja :)

Sebaiknya, kita juga harus lebih aware dengan sekitar kita.

WADUH APAAN NIH KOK JADI MBICARAIN YANG LAIN YAK?! BISA BALIK KE TOPIK NYA AJA GAK NIH, TUANKUUU? Bahas-bahas kayak gini sensitif banget nih. Bisa-bisa malah gue yang di demo ntar :))

Jadi, akhirnya malem itu ditutup dengan sedikit keciwa karena tidak nonton Diskoria. But, everything is well done! Acaranya seru dan keren banget. Sayang, masih ada beberapa yang harus diperbaiki, kayak penerangan di jalan-jalan antar venue, terus blokade-blokadenya dan tanda panah kemana kami harus melangkah, mungkin bisa jadi evaluasi buat Domufest di tahun depan. Dan sayangnya lagi, gue kesana pas udah malem, jadi ga sempet foto-foto di spot-spot kerennya. Agak nyesel sih, coba aja aku datengnya agak siang atau sorean, pasti bisa eksplor lebih banyak lagi dan bisa fotoin spot-spot foto kechenya. Huhuhu. Tapi, kalo lo penapsaran gimana bentukkannya, lo bisa cek instagram @domusicfestival.


Ah, nagih ih nonton-nonton konser ginian!

Salam dari anak-anak sok gaul Pekanbaru yang gak pulang pas magrib dimarahin mak nya :)

ps. foto aku di instagram di like calum scott. wek. :p

Lots of Love ❤,


Dea Shanur

You Might Also Like

1 comments

Komen yang baik, ya :)