New Trends during Pandemic

Juni 29, 2020

Halo masyarakat menengah ke samping..... kiri kanan atas bawah depan belakang.
Ngomong apa sih anjir.

Gimana kabarnya? Baik? Engga baik? Sehat? Engga sehat? terserah. Selama itu membuat kamu nyaman, lanjutkan. Oke, kayaknya ga nyambung. Udah hampir 2 bulan ini aku gak ngapa-ngapain alias nganggur alias jadi sobat rumahan rebahan. Pusing banget, gak ngapa-ngapain. Sebenarnya selama pandemi begini, emang lebih baik di rumah aja sih. Tapi, enaknya tetap kerja. Jadi, walaupun di rumah (dan disusahin sama pekerjaan) yang penting rekening tetep nambah nominalnya. Beda sama aku, bukannya nambah, malah menipis seperti rambut di kepala hufttt. Orang kayak aku, yang kerjanya event based bingung lah kalo disuruh WFH. Mau nge-event dari rumah? Bikin apaaaan? Live bigo? Boleh sih, tapi siapa yang nonton ya.... *heeehhhhh malah dipikirin beneran*

Yaaaah, risiko nya kerja event ya gini. Pfttt. Cari kerja pas lagi gak pandemi aja susah, apalagi pandemi gini -_- Tapi, yasudahlah ya. Kalau mau ngeluhin itu lagi, itu lagi, pasti gak akan ada habisnya. Ujungnya susah ditemukan, kek selotip di toples kue lebaran. Apa hubungannya, Neng? Gak ada sih.

________

Selama pandemi ini, banyak banget trend baru yang muncul. Pertama ada trend masker dan handsatanizer handsanitizer. Bentar, padanan kata bahasa Indonesia untuk "trend" apa sih? AKU BINGUNG DARI TADI SUMPAH. Inget waktu pertama kali virus corona dikonfirmasi masuk Indonesia? Masker dan handsanitizer auto langka! Kalaupun ada, harganya kayak WOW gak wajar banget. Biasanya, satu kotak masker bedah cuma 30ribuan di Apotek. Pas awal pandemi, bisa sampe 300ribuan! Gila banget. Handsanitizer juga. Auto kosong di mana-mana. Mau di apotek, supermarket di mana-mana kosong. Bukan cuma handsanitizer sih. Sabun cuci tangan juga kosong. Jahat banget sumpah, manusia-manusia yang nimbun waktu itu. Bukannya saling bantu, tapi malah memperkaya diri sendiri. Tapi akhirnya, yah kasian juga, karena maskernya pada gak laku. Masyarakat lebih pilih pake masker kain. Awokwokwkwkkkk mampus.

Manusia juga tiba-tiba pada hebat-hebat bisa bikin handsanitizer DIY. Salut sih aku. Tiba-tiba jadi peracik semua. hahahaha pftttt. Sebenarnya, jauh sebelum 2 hal ini ngetrend, aku juga udah biasa pake masker dan bawa handsanitizer kemana-mana. Apalagi orang Pekanbaru, sudah CUKUP AKRAB YA dengan MASKER. Bestfriend lah pokoknya. Bahkan segala jenis masker pasti hampir semua orang Pekanbaru udah punya, minimal udah pernah pakai. Dari makser bedah sampe gas mask yang gak ada guna nya waktu pandemi kek gini. wkwkwkw. Iya, orang Pekanbaru pasti dah khatam sama per-masker-an duniawi ini. Walau begitu, masih ada juga sih yang ngeyel ga pake masker pas keluar rumah. 

Udah biasa~

Pandemi ini memaksa kita untuk gak kemana-mana dan di rumah aja, seperti wow hil yang mustahal, gak sih? Tapi ternyata engga juga. Work from Home atau WFH jadi ngetrend saat pandemi kayak gini. Ini bukan trend sihhh, tapi emang yaaaa tuntutan, mau gimana lagi ya kan. Demi memutus mata rantai covid 19 ini, semua apa yang bisa di kerjakan dari rumah, ya di rumah aja. Termasuk pekerjaan. Semuanya jadi serba online. Gak cuma pekerja, tapi juga anak kuliah dan juga anak sekolah. Semuanya pakai zoom zoom in the sky. Hahahaha. Sumpah dulu, di tempat kerjaku yang lama, jauh sebelum pandemi, kita pernah banget nyobain virtual meeting pakai Zoom, tapi jarang terealisasi, ujung-ujungnya meeting konvensional alias langsung ke kantor aja udaahhh wkwkw. Eh, sekarang semua orang pake Zoom. Padahal bisa pake skype, google meet, hangouts, banyaaakk pilihan yang lain. Tapi entah kenapa saat pandemi ini ZOOM jadi nomer 1. Ada yang bisa jelasin kenapa ya?

____

Mungkin karena pada bosen di rumah aja, banyak juga yang akhirnya tergerak pintu hatinya untuk mencoba hal-hal baru selama di rumah. Salah satu nya jadi MASAK MANIA MANTAP. Di awal pandemi, hampir semua isi insta stories ku masak masak mania. Mulai dari bikin dessert2 an, lauk hari ini, sampai eksperimen kopi duniawi. Pasti pada taulah ya kan, dalgodok yang hits banget kemarenan itu.. DAN IYA AKU IKUTAN BUAT JUGA DONG WKWKWK. 

rasanya gak karuan. kebanyakan susu.
 
ini fotonya, ngapa slim amat ya wkwk. enak sih, tapi gitu, gamau bikin lagi. 

Saking ga tau lagi mau ngapain emang. Oreo dessert? Aku juga bikin. Bola-bola cokelat juga. Tapi, buat masak-masak yang beneran masak gitu, aku belum pernah. Karena gabisa. Hatiku belum tersentuh buat masak. Abissss, tiap masuk dapur, adaaaa aja salahnya. Baru berdiri aja udah salah. Jadi aku putuskan, aku mau masak nanti aja kalo udah punya dapur sendiri wkwk. Lah ini ngapa jadi kemana-mana..... Tapi, dari masak memasak ini, banyak juga teman-teman yang akhirnya berjualan masakannya. Untuk nambah-nambah pemasukan selama pandemi. Semangat berjualan ya, guys. Semoga berkah.

Semakin lama di rumah, semakin gila rasanya. Apalagi buat orang-orang yang kehilangan pekerjaannya macam saya ini. Hari hari mulai sambat alias mengeluh. Tiap malam overthinking ceunah. Lama-lama jadi stress. Bingung, hidup mau diapain lagi. Ujung-ujungnya nangis semalaman. Cuma bisa berdoa sama Tuhan, memohon dikasi yang terbaik, apa aja di terima. Lalu biar gak stress, mulailah cari kegiatan fisik keluar rumah, bersepeda jadi pilihan yang oke. 

Januari 2020. Proposal ditolak, guys. 

Angkat tangan kalau kalian latah jadi sepedaan juga selama pandemi ini HAHAHAHA. Asli, rame bangeeeeeet yang sepedahan. Aku yang dari jaman kapan pengen beli sepeda tapi gak pernah kesampean cuma bisa mangap doang di rumah. Pengen ikutan tapi ga bisa. Mau beli sepeda sekarang, harganya udah pada meroket. Kaget juga sama orang-orang sekitar yang tiba-tiba jadi sepeda expert. Hehehe. Mungkin temen-temen aku yang biasa sepedahan pas ngeliat sekarang banyak yang sepedahan kayak "Hhhhhh apasih" gitu kali ya. Hahahaha.


Mau tetap bergerak, tapi gak mau keluar rumah juga, pengennya yang seru, tapi apa ya... Joget tiktok udah paling beneerrrrr. Asliiiii. Aku juga ikut-ikutan ini maenan tiktok. Walaupun gerakannya terlihat wow ez pz lemon squeezyyyy, tapi pas dilakuin keirngetan juga, cuyyyy. Mayan juga capek nya dance tiktok ini. HAHAHAHAHA. Flish jangan hujat aku karena sekarang menjadi tiktokers :(( iya tau, dulu tiktok emang cringe cringe bunyi hujan, tapi sekarang kok jadi seru yha huhuhu mffin aq y dek bowo :(

Olaf Frozen GIF - Olaf Frozen TikTok - Discover & Share GIFs em ...
aku suka bodi goyang bapak olaf. bapak olafff~~

Untuk kaum-kaum rebahan yang males beraktifitas fisik, binge watching jadi pilihan paling oke punya selama di rumah aja. Macem-macem judul film dan series di tontonin. Netflix and chill jadi frasa yang paling pas untuk sekarang. Yah, walaupun gak chill chill amatlah ya. Biasa aja sih sebenernya. Yang biasanya gak suka nonton, mungkin mulai tertarik buat menyimak satu dua episode, lama-lama keterusan. Yang biasanya lebih pilih series berbahasa inggris, mulai coba series spanyol, thailand, korea, jepang, taiwan dan lain-lain. Yang bosan sama series, mulai coba nonton beberapa anime. Jadi, nyoba-nyoba semua. Kalo seru dilanjut, kalo engga cari series lain :)) Kaget juga salah satu postingan ku yang review series (baca di sini) tiba-tiba traffic nya naik tinggi. Viewsnya jadi puluhan ribu. Ternyata pada lagi banyak yang nonton series tersebut, dan pada gak sengaja terdampar ke sini HAHAHA. Selama pandemi ini, udah berapa judul film dan series yang kamu selesaikan?

____

Kasus corona pertama di Indonesia kalo gak salah muncul di awal maret (cmiiw). Pertengahan Maret, beberapa kota di Indonesia mulai menerapkan PSBB. 2 bulan setelahnya, masuk ke fase New Normal. New normal sebenernya apasih? New normal yang dimaksud itu kita kembali lagi beraktifitas seperti biasa (normal) tapi ada beberapa hal baru, yang harus kita laksanakan dan kita jadikan sebagai sesuatu yang normal, yang biasa aja. Misal kayak pake masker. Kalo kita ngerasa itu adalah perintah, pasti bakal berat ngejalaninnya. Jadi beban. Tapi kalo kita bikin itu jadi hal yang normal alias yaaa biasa aja, emang keluar rumah sudah seharusnya pake masker, maka jadilah dia New Normal. NGERTI KAN WOY MAKSUD AKU???!!! Jadi semua hal yang baru dianjurkan itu, kita jadikan kebiasaan baru dan nanti lama kelamaan jadi hal yang normal. Contoh lain, biasanya kita gak pernah physical distancing kalo lagi antri. Nah, sekarang kita jadikan itu kebiasaan. Kalo lagi ngantri, biasain berjarak minimal 1 meter. Jangan desak-desakan apalagi nyerobot. Mau dibacok, ya?

Menurutku, itu definisi New Normal yang dimaksud. Tapi apa itu yang terjadi di lapangan?

Ryan Hamilton New Normal GIF - RyanHamilton NewNormal Normal ...
misi. new normal mau lewat.

Kenyataannya, new normal dan ordinary normal, YA SAMA-SAMA AJA. Orang masih aja gak peduli sama jaga jarak. ga pake maskernya. ga pake cuci tangan. Mungkin yang ada di kepala orang-orang, NEW NORMAL = NORMAL SAJA. HUFTTTT. Untuk menerapkan new normal ini sebenarnya gampang tapi gak gampang. Karena hanya butuh 1 kemampuan. Yaitu kesadaran diri. Apa semua orang punya itu? Enggak :)) hehehe. Gimana caranya biar orang bisa patuh? Di denda. Kayaknya cuma itu doang yang bisa bikin orang pada jera dan ngerti. 

Aduh pusing. Ngomongin apasih ini. Kira-kira trend apa lagi yang ngehits selama pandemi ini?


❤️❤️❤️❤️

Dea

You Might Also Like

1 comments

Komen yang baik, ya :)