Pendidikan membuat Galau -EDIT-

Januari 15, 2012

Kali ini aku mau post hal-hal yang menyangkut hidup dan mati aku. Apa? Pendidikan. Yap. Sampe sekarang aku gak tau,mau jadi apa aku ini. Ntah dokter, ntah pramugari atau pramusaji. Pilihan kedua aku coret, karena badanku gak tinggi-tinggi amat dan yang terakhir aku coret karena gajinya kecil..

Beribu-ribu bahkan milyaran (mulai lebay) pekerjaan dimuka bumi ini. Tapi, aku tetep gak menemukan, pekerjaan apa yang pas buat aku nanti?

Oke. Kita lupakan pekerjaan. Itu terlalu berat. Kita mulai yang ringan aja. (yang padahal berat juga)

Sekarang, adalah semester 2 aku di SMA. Yang berarti, disemester berikutnya (kelas XI) aku bakal masuk kelas penjurusan. Yang aku bingungkan sekarang adalah aku harus pilih apa? IPA atau IPS?

Galau -____-"

Kalo IPA males liat Angka, IPS males liat Kalimat.. Aku ini emang payah. Gak ngerti apa-apa.
Karena aku liat kakak-kakak kelas IPS tu, bawaannya santai aja, aku sempat mikir, "apa aku masuk IPS aja kali ya..?" 

Pernah suatu ketika (eceile, bahasa buk) pas lagi ekskul, aku cerita-cerita sama senior aku yang anak IPA. Aku tanya deh, apa sih bedanya IPA ama IPS ? Apa anak IPA lebih pinter dibanding anak IPS? Jawaban dia gini..
"gak ada bedanya kamu pilih IPA apa IPS. Dua-duanya sama-sama nyusahin. Cuman kalo kamu jadi anak IPA tuh, berasa gimanaaa gitu. Kalo orang nanya jadi nganggep kita anak pinter,gaul,eksis.. Sebaliknya kalo di IPS.. yaah, gitu deh.."

JAWABAN MACAM APA ITU ??!!!! Apa penjurusan ini menunjukkan tingkat ke-eksisan kita?  Bener-bener gak ngerti jalan pikiran senior aku yang satu ini. Entah dia sedang mempromosikan kelasnya yang ’eksis dan so clever’ itu, entah sedang mencoba membuat aku down dan bunuh diri di danau kayangan. Entahlah. Lagi-lagi, GALAU


Aku pernah minta pendapat teman-teman aku, tentang "aku bagusnya jadi apa ya?"  dan jawaban mereka bervariasi dan sangat super..


-jadi psikiater aja. (oke, aku ini bukannya gak mau ya, tapi denger kata psikiater aja aku udah gak ngerti. itu orang kerjanya ngapain?)
-jadi dokter aja. (oke, kamu adalah orang yang kesekian kalinya nyuruh aku jadi dokter. *sigh -__-", tapi makasih)
-jadi pelawak aja. Dea kan lucu. (Oh.Oke, makasih. Aku gak pernah mimpi jadi Aziz gagap)
-jadi artis aja. (Aku gak mau nambahin sampah lagi didunia entertaiment)
-jadi penyanyi aja. (Oh.Oke makasih)
-jadi designer aja. (Maaf, aku gak bisa jahit)
-jadi pemain bola! (Iya, nanti ya 2056.)
-jadi wanita karir (Apaan tuh?)
-jadi penulis aja (Oh, boleh juga. Makasih)
-jadi supir bus antarkota (Dia lupa kalo aku ini bukan mas-mas warung)
-jadi guru aja. (Oke. Boleh juga. Sayangnya, aku gak mau.)


Dan bermacam-macam profesi yang disebutin temen-temen aku.
Oke. Sampe detik ini aku masih galau dengan pendidikan aku. Aku gak mau dipaksa jadi dokter. Tapi, kalo ditanya aku mau jadi apa, aku gak tau. Yang harus aku cari sekarang CITA-CITA.


Peace, Love and GALAU

You Might Also Like

2 comments

  1. yearrite, dirimu masuk ke persimpangan memilih "jurusan apa ya?" hal yang sama waktu itu kk alamin, mama nyuruh masuk IPA, tapi otakku hanya sanggup menampung IPS. bukan berarti masuk IPS ga bakal ketemu angka. pelajaran ekonomi? akuntansi? tanya tuh sama kak ai kalo ngga angka isinya semua hihihih.. dulu pikiran cetek kk juga berpikiran sama, ga mau masuk IPA karena nanti kerja ga mau ketemu dgn angka. and now what? i meet numbers every single day, imagine that.

    jadi ingat waktu itu kk yang 'ancam' papa..eh bukan ancamlah ya namanya, apa ya namanya...hmmm pokoknya kk ga mau kuliah kalau ngga jurusan komunikasi (dengan cita2 ingin menjadi pembaca berita wahahahaha, not even tercapai) dan dengan segala cara papa+mama mencoba menahan kk biar ga merantau hanya untuk kuliah, dijanjikan akan dibelikan mobil kalau mau kuliah di pekanbaru aja, but i said no, misa mau di jakarta (bahkan tidak di bandung biar sama dgn b'reza dan jogja biar sama dgn kai. no. saya mau jakarta, sendiri) dan dengan tekad tidak mengecewakan papa dan mama dengan kuliah beres dalam 4 tahun saja dgn hasil yg alhamdulillah :) intinya niat dek, adek tentukan dulu adek mau jalan kemana.

    kalau dari sisi orang tua, sebagai orang tua, mama dan papa berhak pengen melihat anaknya berhasil, that's why they'll try to do anything to make it happen. dengan 5 anak sebelumnya, all failed, keinginan mama yang pengen salah satu anaknya menjadi so-called-doctor,nurse and what so ever it names, semuanya ga ada, melenceng. kk dikatakan berhasil? enggak juga, cita-citaku yg semula tidak tercapai, pekerjaanku meleset dari bayangan, tapi ternyata dari pekerjaan inilah kk bisa nabung dikit2. kk dibilang banyak duit? siapa bilang? hanya krn kk kadang suka royal? itu cuma bentuk rasa puas terhadap apa yang sudah kk dapatkan. puas bukan berarti sombong yaaa :p kirim uang ke mama + papa? kk gak tau lagi caranya gimana membalas mereka, cuma bisa kirim doa dan menyisihkan rezeki utk mereka, papa mama kita. oh ya, dan memberikan cucu on progress hehehehe...

    kembali ke awal, dea tetapkan hati dulu mau "ngambil jalan apa". kalau ada tekad, niat insya Allah ada jalan.

    goodluck my lil sist :*

    BalasHapus
  2. Hmm.. Iya juga ya. IPS juga ada itung-itungannya..

    tapi beda sama kk. kk udah tau apa yang ingin dituju. apa yang ingin dicapai itu udah ada. walaupun bertentangan sama apa yang dimau mama papa. kalo adek, adek ndak tau mau jadi apa.. itulah yang adek bingungkan sekarang.. --"

    Hahaha.. iya karena adek liat kk royal, makanya adek bilang kmisa bnyk duit.. :p

    wish me luck!

    BalasHapus

Komen yang baik, ya :)