Day 26 - your school

Oktober 26, 2020

 

Dulu waktu SMA aku ambil penjurusan IPS, padahal bapak ibu ku inginnya aku masuk IPA. Inget waktu abis terima raport kenaikan kelas, Bu Detra, Wali kelas aku kelas X dah bilang sama Papa.

“Pak, ini kolom penjurusan di rapornya Dea sengaja belum saya isi, karena nilai nya cukup untuk masuk IPA tapi bisa masuk IPS juga..”

Alias tergantung aku pilihnya mana. Sebenarnya sih, sebelum terima rapot kan, emang udah ditanyain, mau masuk mana. Udah konsul ke BK juga, udah psikotes juga dan ya aku pilih masuk IPS. Tapi ternyata nilai aku sangat memungkinkan untuk masuk IPA. Jadi guru-guru pada nyayangin aja kalau aku harus masuk IPS. Makanya di rapot aku dikosongin. Suruh aku mikir bener-bener.

Papski sebenernya pengen banget aku masuk IPA biar nanti kuliah bisa dimasukkin ke kedokteran. Aku? Ya nangis lah wkwkwk. I mean, literally nangis woi WKWK. Emang terdeteksi drama anaknya dari dulu.

Pas masih kecil mungkin iya, tiap ditanya cita-cita nya mau jadi apa, jawabnya anak-anak kalo gak polisi, dokter, astronot, guru. Apalagi? Ga mungkin ada anak kecil yang jawab, ah cita-citaku ingin menjadi SJW aja. Tidak. Tidak ada.

Waktu ngeluh-ngeluh gamau masuk IPA, kakak ku ngomong, “Wajar dek, every parents wants the best for their babies. Nanti adek juga ngerasain..” Dang it. I ran out of words. Tapi aku tetap bersikeras mau masuk IPS dan bilang “adek mau masuk embassy, kerja di UK. Adek mau masuk Hubungan Internasional.”

MIMPI YANG TINGGI SEKALI, BUKAN? BUKAN.

Tapi, aku dulu tu juga sama sekali gak update masalah internasional. Sangat ignoran. Tah ngapalah mau masuk Hubungan Internasional! Menjelang masuk kuliah aja, gak pernah sama sekali nyari info tentang pelajarannya bakal gimana, ntar ada konsentrasi apa aja, isu apa yang lagi hangat dibicarakan. Asli, ga tau sama sekali. WKWKWK. Pilihan aku dulu cuma 2, Hubungan Internasional atau Ilmu Komunikasi. Aku gak dibolehin sekolah ke luar kota apalagi luar pulau. Cukup di sini aja. (Padahal semua kakak abang aku kuliah di jawa loh!!! kenapa aku ga boleh?!?!)

Biarpun kuliah di dalam kota aja, cuma aku satu-satunya anak papski dan mamski yang masuk PTN. hehehehe tah apa yang aku sombongkan ni, heran juga. Dan kenapa milihnya jurusan di FISIPOL? Entahlah, mungkin karena mikirnya gak ada hitung-hitungannya, kali ya. HAHA Salah besar, kau bodoh. Semester 2 apa 3, tetap saja belajar statistika HAHAHA. Mean median dan modus, kita bertemu kembali yha :)) 

Tapi cuma itu doang kok. Sisanya, pelajaran analisa dan teori. Sumpah deh, aku gak suka politik huhuhu ngapa kuliah di FISIP sih bodohhhhh.. Sampai semester 4 aja nangis berasa salah jurusan. Tapi ternyata aku belum nemu aja klik nya. Semester 5, pas milih konsentrasi, aku ambil konsentrasi Isu-Isu Kontemporer nih kan. Aku baru berasa, wow, ini nih subject2 yang cocok sama aku.

Di isu kontemporer itu, bisa dibilang, kita belajar tentang hal-hal yang lagi in di sekitar kita dan juga dunia internasional. Aku ngerasa dua konsentrasi lainnya tuh, full dengan hal politik yang membuat aku sakit kepala, Ekonomi Politik Internasional dan Diplomasi dan Keamanan Internasional. Berat banget kan? Mungkin padahal, kalau aku emang bener-bener ngejar untuk kerja di kedutaan, kantor pemerintahan atau di luar negeri, mungkin lebih cocok ngambil diantara 2 konsentrasi tadi. Tapi, ya ternyata emang gak bakatnya di sana ya. Yasudah wkwkwk

Beberapa subject yang menarik hati banyak sekali itu Etnisitas dan Negara Bangsa, Jender dalam Hubungan Internasional (banyak bahas feminisme nih, tp gak kayak SJW y!!) dan Masalah Minoritas dan Integrasi Internasional. Keren kan? WKWKW. Emang paling seru sih tiga subject ini. Karena masalahnya sangat sangat sangat sensitiffff. Dan itu yang bikin makin seru AHAHAHAHA mantap. Sayangnya aku gak nulis skripsi yang berdasarkan dari 3 mata kuliah itu. Aku malah ambil isu lingkungan hidup dan kelestarian harimau sumatera dong WKWKWKWKWK. Skripsi anak HI tapi epic-epic sih. Ada dulu yang bahas TOILET DI JEPANG, terus ada juga yang nulis tentang KONSPIRASI HURUF S DI BAJU SUPERMAN. Sumpah. Ga ngerti lagi wkwkw.

Yang jelas, belajar HI tu asik. Gosipnya luar negeri. Apalagi kalau kamu bener-bener passionate di dunia politik baik dalam dan luar negeri. Udahdeh, belajar HI itu jadi gampang banget.

Jadi, kalau kamu mau deketin orang yang kuliahnya Hubungan Internasional, jangan pake pick-up lines “Wih, pinter bahasa inggris dong?” atau “Wah mau jadi diplomat ya?” Jangan. Sampah itu.

Tapi ganti dengan, “Oiya? Isu apa nih yang lagi seru diomongin sama Anak HI?” atau "Eh di UEA sana, nama jokowi denger2 dijadiin nama jalan ya?" atau apa kek gitu, gosip-gosip internasional yang terupdate lainnya. Asli, kita lebih apresiasi aja gitu.. 

Hmmmmm tergantung sama orangnya juga, sih.. Kalo sama aku, mau sekeren apa juga pick up lines mu, tetep sih, pasti aku kacangin. Karena ya aku anaknya memang bitch aja. AHAHAHHAHAHAAH canda y syg.

Kalian sekolahnya apa? Kenapa pilih itu?


You Might Also Like

0 comments

Komen yang baik, ya :)