Day 11 - talk about your siblings

Oktober 11, 2020

Waktu di Day 5, aku sempat mention kalo aku lahir dengan 3 abang dan 2 kakak. Iya. Rame kan? Bisalah kami bikin tim basket atau voli, yegak? awokwokwkkk

Aku sama Abang dan Kakak aku bisa dibilang ga deket banget yang kayak "heyyo wassupppppp??" gitu. Karena jarak kami yang super duper jauh. Aku berasa lain sendiri aja. Aku dan adekku. Iya, aku punya 1 adik cowok. Jaraknya 5 tahun dari aku. 

aku bayi dan 5 kakak ku

Aku dengan abangku (anak pertama) jaraknya........ 20 juta tahun cahaya tahun. GILA YA wkwkwkw. Dia udah kuliah, eeeh punya adek bayi :)) Karena jarak yang udah kejauhan inilah yang bikin aku gak terlalu terbuka sama abang dan kakak aku. Ditambah lagi, mereka semua merantau ke Jawa. Aku di rumah sendiri, bersama adek kecil, padahal aku tidak suka anak kecil. WKWKWK. Aku sukanya adek bayi, adek balita. Kalo udah gede, aku gak suka. Sana kamu. Bau matahari. (abang aku sering bilang gitu, kalo aku abis main siang bolong panas-panasan wkwk :)))

Jadi yaaa... Aku jadi bingung mau cerita apa tentang siblings ku yang selain banyak juga jauh. Perbedaan generasi yg jelas2 mencolok bikin kadang ga nyambung sama kakak abangku. Pola pikir juga udah jauh beda. Pas aku masi anak-anak banget, mereka udah pada dewasa. Sampe sekarang aku juga masih kek anak-anak sih WKWKWKWK. Menolak untuk tua.

Aku gak pernah curhat yang gimana-gimana gitu ke kakak atau abang aku. Paling cuma cerita-cerita biasa aja. Aku lebih suka nulis atau cerita ke Mama. Ya karena dari dulu cuma ada Mama. 

Saking jauhnya, kalo sekeluarga lagi ngumpul semua, kakak abang aku bisa cerita tentang masa kecilnya yang bareng-bareng semua ber 5, aku sama adek aku dipojokan......... main catur. WKWKWK. Ngaa deng, canda. Tapi yaaa, emang kami bedua beda generasi, jadi ya ra mashookkk laaahhhh. Paling nnati diceritain kan, "Jadi dek, dulu tu...." sampai aku hapal dah ceritanya, sumpah.

Karena hampir ga pernah cerita apa-apa masalah hidupku ke kakak dan abangku, dari semua masalah hidupku, 90% penyelesaiannya sering aku putuskan sendiri tanpa nanya-nanya ke siapapun. Iya. Karena aku gatau caranya cerita ke mereka gimanaaaaa HAHAHAHA. Jadi yaaa. Pandai-pandai aku hidup aja emang. Kadang kalo aku ngerengek ke Mama minta beliin apaaa gitu kan, nanti Mama suka nyeletuk 

"Minta sama Kakak/Abangmu lah! Kan punya mereka.."

Aku langsung diam dan bergumam, "Ehh......"

Dahlah, alamat gak jadi WKWK. Karena aku gak tau mau mulainya kek mana. Gak pandai basa-basinya, gak pandai mintaknya kek mana. (pas udah gede ini aja aku baru berani minta, itupun juga kadang masih, ragu mau minta apa engga wkwk)

Tapi kami tetap punya satu DNA yang sama, DNA garing dari Bapak Sjamsumar. =))) Aku yakin semuanya punya selera humor yang gitu recehnya WKWKWKWK

***

Abang aku yang pertama, seorang yang bisa ku bilang keras, tapi sebenarnya baik dan sayang adek. Cuman, salah gaul aja. Beliau pergi selama-lamanya waktu aku kelas 5 SD. Abangku yang ini jago banget gambar, sumpah!!! Keren banget. Sayang aja, dulu pas ambil jurusan kuliah, malah ambil jurusan yang gak ada nyambung2nya sama passionnya, Management -____- Benci kan? Kata Mama gegara ngikut pacarnya sih WKWKWK. Alfatihah untuk abang ku.

yang kedua, kakak laki-laki juga. Kata Mama, dulu doi waktu kecil suka nemanin Mama di dapur, masak. Ikut nyobain masak ini itu. Dia sudah beranak 2 sekarang. Abang aku yang ini suka kali eksprimen, coba ini itu. Jualan, masak, buka warnet, ternak lele, nge grab, gojek, semuanya dia coba. DAN DIA SANGAT BAPAK-BAPAK YA. Lawakannya ya Allah, LUCU tapi ya jokes PAPA bangat *nangisssss* Karena Papa dan Abang aku yang pertama juga udah gak ada, jadi dia lah yang jadi wali ku nanti. Keinget waktu itu dia bilang "Aduh Dea, nanti kau nikah aku yang nikahin.. hahahaha" 

kurang penting, kan? =)))

Anak ketiga, kakak perempuan. Perempuan paling tua. Kesayangan Papa. Soalnya dalam Minang kan, garis keturunan dilihat dari anak perempuannyakan. Udah beranak 1 sekarang. Passionnya ekonomi. Paling gampang begaul dan dekat dengan siapa-siapa aja banyak kawannya. Dan kalo lagi cerita, paling suka diulang-ulang!!! WKWKWKWK. Kayak, 2 menit yang lalu dia udah cerita nih kan, ketawa, ketawa, tar diulangnya lagi ceritanya! HAHAHAlawak kali. Dia pernah cerita, waktu SMA, pas dia harusnya terobosan, dia bawa aku yang masih BAYI INI, ke SEKOLAH, terus alasan sama gurunya "Buk, saya gabisa belajar, saya bawa adek, buk.." akhirnya, sekelas gak belajar, pada main di perpus sambil JAGAIN AKU. IYA. AKU DIJADIIN ALASAN BIAR MEREKA SEKELAS GAK TEROBOSAN. Dahlah, dari bayi dah terkenal aku di SMA kakak aku.. :)) Ada juga manfaat aku sebagai adek, kan? dsr, eksploitasi bayi!!1! Waktu kecil aku sering dijagain sama kakak aku yang ini, dia bilang, aku suka ditidurin di kaki, pake bantal besar, sambil digoyang-goyangin terus sambil minum susu dot =)))

Anak keempat, kakak laki-laki lagi guys. Kata Mama, ini anak kebanggaan Papa. Soalnya, anaknya nurut. KATANYA GITAR. Cuma beliau ini yang namanya di kasih Muhammad sama Papa di kontak hp nya dulu. SUMPAH. (Bang, kalo abang baca ya, adek ingat kali, cuma nama abang yg dikasi nama depan Muhammad sama Papa di HP nya dulu.. wkwk) Beliau adalah tempatku bertumpu kehidupan dan...... dompetku AWOKWOKWOKWKKKKHH =)))) yang suka ku eksploitasi sumber daya nya.  ampooonnnnnn. Suka kali cengin aku, dengan bilang sebenarnya aku anak monyet. Dia suka nakut-nakutin, bilang waktu aku lahir, jempol aku ada di samping kaki, kayak monyet. BENCI KAN?!! Beliau ini kan melek teknologi, jadi masih bisa relate lah dengan aku yang tech savvy ini. WKWKWK ndak ndak. Bercanda. Jadi, kalo mau tanya-tanya tentang teknologi, nyarinya beliau ini. Sama abang aku yang kedua bisa jugaaaa. Yaaaa samalaaah. Walau dia anak ke empat, dia manggil dirinya "ADEK" ke Mama, udah kebiasaan aja. Jadi kalo kami dah di rumah ngumpul, terus Mama manggil "Adek!" kami bedua bakal, tatap-tatapan dulu, nunggu, ADEK SIAPA NIH YANG DIPANGGIL BUK MONMAAP? 
Pernah Mama manggil kan, "Adek,...." gitu kan, aku berhenti, dan nungguin, terus lanjutannya ternyata ngomong ke abang aku. -____- Atau gitu juga kebalikannya. Pas abang aku udah nyimak Mama ngomong apa, ternyata Mama ngomongnya ke Aku, bukan ke abang =))) Melawaaaakkkkk aja.

Yang kelima, Keadilan Sos..... Engga deng. HEHEHEHE. Kakak perempuan lagiii. Yang dulu sangat membenci diri q, karena dengan hadirnya aku, dia gak jadi anak bungsu lagi WKWKWKW. Jarak ku ke kakak nomer 5 ini sekitar 12 tahunan. Cukup lama kan dia menjadi anak bungsu? Eeeeeh terus tiba-tiba adaa aku, pastilah patah hati bangat ya kan.. WKKWKW. Tapi, beliau adalah kiblatku dalam hal fashun, musik dan banyak lagi. Mungkin, karena doi kerjanya di media dan paling up to date dengan hal-hal milenial, jadi yaaaa, aku berasa lebih relate aja kalau ke dia. Orangnya ngegas. Enggak ngegas sih, tapi lebih ke to the point aja. Dan rasa aku, doi lebih vokal aja gitu. Kalo bisa kubilang, She's the women of her words. Beliau ini juga sama kayak abang aku yang no 2. Semua apa aja dicobain. Dari kecil aja udah keliatan, ikut nari, ikut basket, ikut renang, ikut macam-macam lah.. Sampe sekarang, dan paling suka ikut trend. Kemaren ikut running-running. Sekarang sepedahan, terus jualan mlm yang lagi hits. Apa aja dia ikutin! Dia juga paling gak suka kalo aku mengeluh terus, apalagi kalo aku di twitter aku suka sambat kan, nanti bakal diingetinya, "Adek tu, ngomong kek gitu trs (entah ttg aku bodoh, atau miskin), itu nanti jadi mindset, gabagus tau" yah, kira-kira seperti itulah. Ya emang bener sih apa yang dia bilang.. I admire her. Oiya, 2 kakak perempuan aku ini anak basket. Cuma aku doang yang gak ada kemampuan olahraganya sama sekali. Mama bahkan pernah bilang "Kamu kok gak ada ikut olahraga nya gitu kek kakakmu tu, dua-duanya basket dulu.."

Ma........ anakmu yang ini lemah sekali WKWKWK, dibentak aja menangids =))

yang keenam, tentulah diriku ini, yang sedang menulis tulisan tentang saudara-saudaranya. 


Terakhir, ada satu orang adik kicil yang sudah tidak kicil lagi. Adek aku ini, jaraknya 5 tahun sama aku. Dulu waktu kecil, aku sama dia pernah duduk di teras, pas lagi mau hujan gitu. Terus ada kilat tiba-tiba. Terus dia ngomong, "Kita di potret.." :)) Engga, adik. ITU KILAT ALIAS MAU PETIR. AYOK KITA MASUK KE DALAM RUMAH YA! =))) Waktu kecil lucuuuuu kali, sekarang menyebalkan. Gak gak, candaaa. Dia persis kek abang aku yang nomer 1. Suka banget menggambar, ngelukis, design pokoknya yang art-art gitulah. Jaman kecil, suka kali nonton Art Attack di TV dan ngerengek sama Mama minta dibeliin LEM PVC yang selalu dipakai di Art Attack untuk bikin prakarya nya yang tah apalah. Teman aku nonton spongebob dari kecil. Sekarang udah gede, ganteng banget, banyak cewe nya, TERUS MIRIP PAMUNGKAS PULA WKWKKW


foto sama duplikat Pamungkas. Kalo kata Mama "Ah gantengan anak ku ini dari pada artis itu.." WKWK iya buk, siap.

so, that's all folks. we are shanur family. untung aja kaga nyampe ngalah-ngalahin keluarga halilintar nih kita wkwkwkw ❤❤

You Might Also Like

0 comments

Komen yang baik, ya :)