Day 5 - your parents

Oktober 05, 2020

Saya termasuk anak yang terlambat datang karena saat saya lahir, orang tua saya sudah terlalu matang untuk memiliki bayi lagi. Tapi, namanya rejeki. Siapa yang tahu. Bahkan waktu Mama mau melahirkan saya, abang dan kakak saya pada gak tau. Iya. Gila sih, skill mamakku ini mantap kali. Tinggal serumah, tapi gak ada yang tau kalo beliau lagi hamidun 🤣. Jadilah saya lahir dengan 5 orang kakak di atas saya. 3 abang, 2 kakak. 

Mama dan Papa nikah di usia yang sangat muda, pada jaman itu ya. Yaaa, namanya orang jadul, perempuan abis SMA mau apalagi, ya sudah menikah saja. Saat itu tahun 70 an...... Aku lupa 70 berapa ya wkwkwkw. Teman-teman sepantaran ku mungkin bakal ngomong "Waduuhh, bapak ibuku baru lahir tahun segitu", atau "Bapak ku masih sd kali ya pas itu.." Ya, gitulah hahaha. 

Papa adalah orang yang peduli dalam diam. Untuk urusan marah memarahi, Papa lebih suka minta Mama ngomong ke aku. Papa gak keras sama sekali sama aku, aku tahu Papa pengin yang terbaik buat aku, tapi Papa juga gak mau maksain apa yang dia mau. Mama juga gitu. Mereka lebih cenderung mengarahkan dan mengingatkan kemudian balik lagi ke diri kami sendiri, anak-anaknya. Terus kalo misalnya kami salah? Ya paling bakal dibilangi "Kan dah dibilang, ndak cayo kecek rang tuo :))" HAHAHAHAHA.

Mama dan Papa ga pernah mengajari kami bahasa daerah. Di rumah kami gak perna sama sekali ngomong satu sama lain pake bahasa daerah. Kecuali pas mama marah. Tiba-tiba wow nge rap atau apa nih bu? Apalagi bahasa minang yg mamski pakai tu kadang kosa katanya lucu-lucu gitu. Jarang didengar. Malah jadi ngakak.

"Mama mana pernah ngajarin kalian ngomong minang di rumah. Kalian pandai ngomong minang kan dari pergaulan kalian.."

Apalagi Papa. I barely listen that he talk in minangese. Mungkin pas lagi ngomong sama adik-adiknya atau sama Nenek, baru Papa pake bahasa minang. Papa dulu suka bangat ceng in aku pake bahasa inggris karena beliau tau aku gak pede ngomong inggris. Beliau akan ajak aku ngomong inggris untuk latihan. Walopun aku ngerti Papa ngomong apa, tapi tetap ku balas pake bahasa indonesia. Yes. Still not pede yet. (Skrg aku ga punya temen practice di rumah Pap, WKWKWK)

Papa adalah bapak kantoran. Terbiasa kerja 9-5. Papa itu tipikal bapak-bapak WA group. Eh engga, waktu Papa masih ada, mainnya masih facebook, khas dengan jokesnya. Iya. Garing mampus. Kalo salah satu diantara kami sok ngejokes dan garing, celetukannya pasti "Hadoh, anak siapa sih. Anak Sjamsumar ya?"


See? Terlampir bukti nyata WKWKWKW

Iya. Garingnya pasti menurun dari bapaknya 🤣🤣👍🏼 He was so hillarious. Pernah waktu itu, aku lagi main laptop, buka cameroid. Selfie gajelas dari webcam. Dan Papa datang. IKUTAN FOTO DENGAN BENTUK2 ALIEN DARI CAMEROID. WKWKWK. 

Ada lagi, Papa dulu pernah kejengkolan. Yes. Kejengkolan adalah penyakit karena terlalu banyak makan jengkol. Sejak saat itu, doi ga pernah lagi makan jengkol. Tapi ada satu waktu, Papa pulang bawa nasi bungkus gitu dari pengajian, dengan lauk tak lain tak bukan, ya. Jengkol. Sudah pasti, Papa gak akan makan, tapi isengnya dia "Dea! Foto Papa ini". Beliau pose megang jengkol, terus mangap.

Dia berencana posting, biar orang-orang heboh.

ISENG BANGET KAN ATUK-ATUK SATU NI?!!!

Setelah pulang haji, 2004 atau 2005 aku lupa, Papa berubah tuh jadi Pak haji pak haji pada umumnya. Tapi tetap garing selalu as always. Jadilah, beliau paling gak suka kalo aku ga solat, ga ngaji, ga pake kerudung. Tiap hari selalu ke Masjid dan jadi pengurus Masjid. Di masa pensiun nya, Papa kayak ya.... apa ya, mungkin ga kebiasa ga ngapa-ngapain, Papa ngelamar lagi kerja di kontraktor. Sangat tidak mau diam ya anda ini. Tapi cuma sebentar. Abis itu, full time kakek pensiunan, di rumah saja. Berkebun. Bercocok tanam. Melakukan hobi. Sampai akhir usianya..

Mama itu adalah Ibu-Ibu, cenderung ke Nenek, yang SUPER SANGAT TIDAK BISA DIAM. She's always came up with something. Kayak... Ma. Just rest. And she'll be "Mama rencana mau bikin...."

Beda 360⁰ sama aku yang mageran, malas dan gak bisa apa-apa ini. Mama adalah orang yang memegang teguh prinsip "Kalo orang lain bisa, ya aku pasti juga bisa."

Aku kadang suka takjub dengan keajaiban-keajaiban yang bisa dibuat sama Mama. Mama bisa masak, i mean cooking and baking you know, semuanya, bisa berkebun, bisa bertukang, IYA TUKANG. Ngerti mesin mobil, benerin sepeda, ngeplaster tembok, ngecat tembok SEMUANYA. Aku sampe mikir, ini oma oma ke enggak bisaannya apa sih?!!

Waktu Mama ngelahirin aku, usianya cukup riskan. Mama bahkan sampe harus tambah darah waktu itu. Seiring aku tumbuh besar, Mama semakin tua. Gak kaya Mama Mama nya temen-temenku saat itu. Masih muda belia. Tipikal Ibu-Ibu komplek kaya lah. WKWKWKW

Ingat saat aku SD, aku dijemput Mama dan teman2 aku meneriaki "Dea, nenekmu jemput" :))) aku sedih bangat sumpah. Apa Mamaku setua itu sampai dipanggil nenek sama temanku? Aku cuma bisa marahin temen-temenku sambil ngomong "ITU MAMA KU WOY!!!" Kesel wkwkwk. Tapi lama-lama ya aku sadar lah, Papa Mama ku emang udah tua. Ya namanya orang tua. Udah gede, jadi ya ga sedih lagi. 

Mama aku tu kocak. Kocak kali. Senang bergaul, komunikatif, pandai basa basi. Semua teman-teman aku yang udah ketemu sama Mama, hampir semua pasti ngomong "Gak heran si Dea begini bocor anaknya, Mamaknya aja kek gitu lawaknya.." :))

Thank you guys. I take it as compliment, that you all like my mom, riteeeeee. Mama tu jiwanya selalu muda. Atau sok muda. WKWKWK. Beliau dukung banget waktu aku jadi penyiar. Walaupun di rumah suka banget di cengin "Eh ada ya orang siaran, kasih tips mata sehat, ELEEEHHH, dia sendiri pakai kacamata"

Yeps. Penyiar itu adalah aq. Aku tau, walau dari rumah aku berangkat, Mama lagi dengerin RRI, begitu aku pergi, frekuensi diganti sama dia ke frekuensi radio tempat aku siaran. Beliau pasti dengerin. Sampai kadang dia hapal lagu-lagu yang aku putar. Sejak aku ga siaran, mungkin dpi sedikit kecewa. Sempat ngomong "Harusnya radio jangan kamu lepas.." ku jawab "Di radio pun duitnya susah.." trs dibales 

"SETIDAKNYA ADEK ADA KEGIATAN.."

................... *sambungan terputus*


So........ That's my parents. I love mami and papi to the moon and never come back ❤❤

You Might Also Like

2 comments

  1. Tell ur mom, im the biggest fan of her. Love u ante eniiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ngefans, kirim duit dong AHAHHAHA.

      gak gak, canda sumpah.
      Thank you yaaa

      Hapus

Komen yang baik, ya :)