Day 8 - the power of music

Oktober 08, 2020

Siapa yang dulu waktu isi diary temennya, nulis bagian hobi, mentok-mentok, membaca atau mendengarkan musik?
Ya aku dong. WKWKWK. Siapa sih yang punya ide nulis "memdengarkan musik" sebagai hobi? Aku rasa sih itu ga termasuk hobi ya.. Karena, you just listening to music laaaah. Siapapun bisa lakukan itu juga. HAHAHAHA. 

Tapi, lagu tuh emang ada powernya tersendiri. Contohnya temenku, si Ulan. Tiap moment dalam hidupnya, pasti ada soundtrack alias lagu pengiring momen tersebut. Kadang pas denger lagu apa gitu kan, nanti dia bilang "Ndeh, lagu ini jaman-jamannya aku lagi dekat sama abang ini..." atau "Ihhh ini lagu pas aku kelas dua lagi galauin ini!!" atau "Lagu niiii jaman jaman aku KP!! (kerja praktek)"

Pokoknya, tiap moment hidupnya pasti ada soundtrack :)) itulah kekuatan musik dalam hidup dia. Kalo aku?

Dari kecil aku suka bangat bernyanyi. Turunan Mama kali ya. Karena Mama suka bangat menyanyi. Kalo kondangan keluarga pastilah udah, Mama disuru turun tangan untuk naik ke panggung. Eh, bentar. Ini turun apa naik, bodoh? 

Tapi, makin kesini, Bundaku sudah mulai jarang ya bernyanyi, jawabnya "Amalas, capek.." wkwkwk, usia guys..

Waktu ku kecil hidupku amatlah senang aku suka bangat sama Sherina. Jangan sedih kalian. Sampe sekarang aku hapal semua lagunya. Bukan cuma yang di Petualangan Sherina ya. Tapi dari "Andai Aku Besar Nanti", "Lihat Lebih Dekat/Petualangan Sherina" dan "My Life". Album dewasanyaaa... hmmm.. gak gitu suka sih, wkwkwk. 

Hmmm ga ngerti juga sih ya, tapi aku akan lebih cepat hapal apapun dengan musik.

Keinget dulu waktu SD, pas pelajaran IPS, disuruh menghapal nama-nama prasasti. Kujadiin lagu. Dan Alhamdulillah, HAPAL! HAHAHAHA. Beberapa masih aku ingat, ada Prasasti Kedukan Bukit, Kebon Kopi, Ciareuteun, Muara Cianten, Mulawarman dan Jambu. HAHAHAHA gila. Etapi namanya doang ya, nanya isi prasastinya apaan monmaap minal aidin wkwk

Dari TK ditempa untuk jadi penyanyi dengan latihan vokal sama Bu Meri, guru musik dan rebana aku dari TK sampe aku kelas 5 SD!!! Ikut rebana sebenarnya dari madrasah sih. Ingat bangat dulu kalo dah mau perform, atau mau lomba, gaboleh minum es, gaboleh minum frutang, mountea, teh sisri, gaboleh makan gorengan. Hiiihhh benci wkwkw. Sayangnya, aku bener-bener gapunya dokumentasi pas lomba ini ataupun pas perform huhuhu ga taulah. Dulu cuma ada Mama yang jadi saksi aku dulu BENERAN PENYANYI WOI. IYA. SI SUARA KEK CURUT KEJEPIT INI PERNAH JADI PENYANYI HAHAHAHA WALOPUN GA PERNAH MENANG YA HAHAHAHAHA 

Tapi sejak lulus madrasah dan masuk SMP ga pernah lagi latihan vokal, ga pernah ikut nyanyi atau lomba apapun. Waktu itu, sempet sih nyoba nyanyi pas kelas 7, buat acara perpisahan gitu. Di tes dulu lah kan sama guru, cocok gak ni buat isi acara perpisahan. Tapi ternyata suaraku dibilang jele eheheheh gak cocok, belum bisa nyanyilah gitu. Yauda gapapaaa. Akhirnya ga pernah asah lagi dan yaaaa pendam sendiri aja. Makan mulai sembarangan, minum es terooossss sampe sekarang jadinya udah sinus dan range vokal jadi terbatas, alias gak bisa nyanyi lagi :))) Bahkan Mama sempat ngomong "adek, nyanyi lagi lah.." wkwkwk Mam............. yha gmn yhaaaaa

Yah dulu tuh udah kayak motor beat lah, cinta ku adalah musik, musik adalah hidupku WKWKW alay.

Cingtaku pada musik tetap tertuang pada perwujudan aku menjadi seorang penyiar radio. Seneng banget sumpah pas akhirnya bisa jadi penyiar, bisa denger dan belajar berbagai genre musik, belajar gimana mood pendengar, lagu apa yang cocok disuasana apa, gimana ngatur mood lagu biar gak banting.. Seru bangaaattt :))

Di tahun 2018-2019, saat diriku masih nulis skrispkisksikkiiii, itu galauuuuu bangat. Capeeeeee bangat. Kaya gatau lagi mau bikinnya gimana. Mau nanya sama siapa. Dan waktu itu aku ngerasa kayak, belum bisa lepasin Papa. Keinget inget terus sama Papa. Dikit-dikit nangis. Gatau apa yang kutangisi. 

Banyak mungkin yang aku pikirkan, mungkin kalo ada Papa pasti gini, kalo sama Papa pasti gitu..Terus, waktu itu, Mas Kunto Aji ngerilis lah album Mantra Mantra dengan single Rehat. 




Liriknya yasalam. Ngena banget. Sampe sekarang aku masi suka dengerin. Dan yang paling bikin aku ambyar seambyar ambyar nya adalah Pilu Membiru.

"Masih banyak yang belum sempat aku katakan padamu.."

Tiap nyanyi dibagian itu rasanya sakiiittttt banget. Kayak, iya bener.. masih banyak banget yang belum tersampaikan ke Papi. :" Tapi dengan ngedengerin Pilu Membiru bantu aku juga untuk ngeluapkan emosi yang kayaknya selama ini aku pendam dan aku tutupin untuk ngeliatin kalo yes, i'm okay and fine thank you and you, gitu...

Dengan begitu, aku jauh lebih lega. Sometimes dengerin lagu, terus biarin emosi yang ada mau nangis, mau marah, teriak, apapun, itu bantu banget biar bisa ngerasa sedikit lega. 

Aku paling suka denger lagu sambil bawa motor, muter muter tanpa tujuan dan yang pasti sambil.......

Head stand. 


Ya enggalah 🤣

Paling enak tu, motoran, gatau tujuan, denger lagu teus nangis wkwkwkw rasanya legaaaaa banget. Yuyur aja, akutu paling gengsi diliat orang pas nangis.. Bisaan banget ekting sok kuat padahal kalo sendiri menangis wkwkwkw

Abis denger Pilu Membiru, disembuhin sama Rehat dan Saudade. 

Karena kata Rehat "Jangan berhenti, yang kau takutkan, takkan terjadi.."

Dan Saudade bilang "Selalu ada menemanimu, sampai kita dihapus waktu. Jadilah besar dan bestari, serap yang baik untukmu, apapun yang kau hadapi.."

BAGUS BANGET KAN LIRIKNYA YA AMPUN. ASLI, pengen sungkem banget ke maskun wkwkwk. Makanya, waktu Road to Soundrenaline 2019 ke Pekanbaru dan ada Kunto Aji nya, akutu ga pake mikir beli tiket. ITU AJA NGUTANG LHO AKU KE LIKA WKWKWKWK DEMI BANGET.


Bantuuuuuuu banget untuk aku pas lagi overthinking insecurity satpam hansip bhabinkamtibmas semuanya pokoknya.. 

Beneran. Bisa se-powerfull itu.

Ada lagi, coba deh search di youtube "Kitaro - Koi".
Dulu, aku sering denger ini waktu sekolah. Relaxingggg bangat. Kalo cape banget bikin PR sampe tengah malem, terus dengerin ini, jadi nyantai..... terus ketiduran. PR gak selesai WKWKWKWKW. asli tapi jadi rilekkkk kali boi. 




Aaaah udah ah.. Ngantuk.

You Might Also Like

2 comments

  1. Naik motor pake hf dengerin lagu apalagi pas malem emg paling manteup sih:)
    Semangat buat day 8 🔥🔥

    Btw kirain bakal ada cerita gagal nonton konser lauv yaa kalo ga salah, tapi bener sih temanya kan musik yaa wkwkw ga nyambung kalo dibahas yang itu

    Ngomong apasih aku, yaudah semangat terus mba milly!!🔥🔥

    U ROCK!!! 🤘🏻🤘🏻 Karna cewe
    Kalo cowo, U Celana hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAHAH nyambung aja sihhh. The power of music nya bisa bikin aku rela2in dtg jauh ke jakarta walopun batal wkwkwk.


      thank you ya, masih aja nerusin baca di sini. Ga penting lho padahal wkwkw 🤣

      Hapus

Komen yang baik, ya :)